The Real Color of Asian Value: Bukan Banyak Anak Banyak Rejeki!

ASIAN VALUE (Sumber Gambar: Canva)

ASIAN VALUE (Sumber Gambar: Canva)

Like

Asian value adalah konsep yang menonjolkan ciri khas budaya hingga sosial negara di Asia. Ciri dari konsep ini adalah saling menghormati, punya kedisiplinan yang tinggi, sampai cara seseorang bekerja keras.

Belakangan ini, asian value jadi bahan guyonan banayk orang setelah video Panji Pragiwaksono dalam podcast “Total Politik Bersama Pandji” viral. Ia menggunakan istilah asian value dalam menggambarkan suasana politik dinasti yang sedang hangat di Indonesia.

Padahal Indonesia punya kultur yang positif tentang asian value.
Kira-kira apa aja, ya? Yuk, kenal lebih jauh tentang asian value. Indonesia punya kultur hangat dan kekeluargaan yang beda dari nilai individualisme di budaya Barat.

Masyarakat Indonesia terkenal akan gotong royong, kekeluargaan, hormat kepada yang lebih tua, musyawarah mufakat, spiritualitas, dan keinginan untuk belajar dalam sebuah komunitas.

Baca Juga: Asian Value, Pilih Kerja yang Prospeknya Pasti Aja!

 

Benefit Ikut Sebuah Komunitas

1. Memperluas Koneksi Profesional

Kalau kamu join sebuah komunitas, kamu bakalan dapet benefit perluas networking yang profesional. Koneksi yang kamu dapet bisa bantu kamu untuk akses hal-hal yang sebelumnya enggak bisa kamu jangkau.

Apalagi kamu bisa bertemu teman yang punya minat sama denganmu. 
 

2. Latih Public Speaking

Enggak bisa dipungkiri public speaking bisa ikut terlatih kalo kamu join komunitas. Entah itu bahasa tulis atau verbal, kamu akan terbiasa mendiskusikan dan memperbincangkan sesuatu secara bersama.

Nah, public speaking skill ini kalo kamu terus asah bisa bantu kamu juga dalam dunia kerja.
 

3. Belajar Perspektif Baru

Bertemu orang baru artinya kamu bertemu juga dengan pemikiran orang dari sudut yang berbeda. Bisa obrolan karir, bisnis, hobi, atau apapun itu.

Dari perspektif baru yang berbeda-beda itu kamu bisa ambil untuk ngembangin karir.
 

4. Sharing Ilmu dan Pengalaman

Yang terakhir dan yang paling penting ketika kamu join komunitas, kamu bisa saling sharing ilmu dan pengalaman. Hubungan yang saling ngasih benefit ini bisa ngasih kamu manfaat yang besar karena belajar satu sama lain.

Berada di lingkungan yang positif pastinya memberikan dorongan buat kamu terus upgrade skill.