Asian Value, Pilih Kerja yang Prospeknya Pasti Aja!

Sumber : https://id.pngtree.com/free-png-vectors/pns

Sumber : https://id.pngtree.com/free-png-vectors/pns

Like

Kamu yang lagi mau ngelanjutin ke jenjang perguruan tinggi pasti pernah disaranin sama orang tua ‘Kamu pilih jurusan ekonomi, manajemen, kedokteran atau teknik saja biar gampang cari kerjanya nanti’.

Bagi yang sudah lulus, nasehat orang tua pun gak jauh-jauh dari ‘Kamu mending jadi PNS, dokter atau kerja kantoran konvensional aja’.

Semua berangkat dari satu anggapan yang tertanam sejak dahulu kala bahwa nyari kerjaan itu ya jangan yang aneh-aneh. 
       
Kenapa akhirnya bisa muncul anggapan seperti itu? Ini bisa jadi dikarenakan mereka masih dibayang-bayangi ketakutan akan dampak krisis ekonomi 1998 di masa lalu, ketidakstabilan politik, peristiwa start up bubble dan tech winter yang mengakibatkan banyaknya kasus pemotongan gaji atau yang lebih parah pemutusan hubungan kerja.

Baca Juga: Diam-Diam Dulang Cuan, Berikut 5 Pekerjaan yang Cocok Buat si Introvert


Mereka beranggapan dengan bekerja sebagai PNS, dokter dan kerja di kantor konvensional akan meminimalisirnya karena selalu dibutuhkan dan akan selalu ada meski kondisi negara sedang bergejolak. 
       
Anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Kita memang merasa lebih secure ketika finansial kita stabil. Kita pun bisa sampai ke titik financial freedom ketika pekerjaan lancar jaya dan tidak riweuh.