Mempersiapkan Dana Pensiun Masa Tua: Jumlah Ideal dan Cara Mengumpulkannya

ilustrasi masa tua bahagia sumber gambar: pixabay.con

ilustrasi masa tua bahagia sumber gambar: pixabay.con

Like

Setiap orang pasti ingin hidup nyaman di masa tuanya. Salah satu hal yang membuat nyaman adalah terpenuhinya semua kebutuhan hidup (biaya), karena itulah, mempersiapkan dana pensiun.

Mempersiapkan dana pensiun merupakan langkah penting yang harus dipertimbangkan oleh setiap orang. Dengan mempersiapkan dana pensiun yang memadai, seseorang dapat memastikan kesejahteraan finansialnya di masa tua.

Mengingat inflasi yang terus menggerus nilai uang, perencanaan pensiun yang tepat menjadi semakin penting untuk dilakukan.

 

Berapa Idealnya Jumlah Dana Pensiun?

Secara umum, banyak pakar keuangan merekomendasikan untuk memiliki dana pensiun sebesar 70-80%  pendapatan tahunan sebelum pensiun, untuk setiap tahun masa pensiun.

Misalnya, jika berpenghasilan Rp100 juta per tahun sebelum pensiun, maka memerlukan sekitar Rp 70-80 juta per tahun setelah pensiun.

Jika kita memperkirakan akan pensiun selama 20 tahun, maka kita membutuhkan total dana sekitar Rp 1,4-1,6 miliar.


Baca Juga: 7 Strategi Merencanakan Dana Pensiun Sejak Dini, Tips Sejahtera di Masa Tua!

 

Cara Mengumpulkan Dana Pensiun

Untuk mencapai jumlah dana pensiun yang diinginkan, ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan:
 

1. Menabung

Menabung secara rutin adalah langkah pertama yang bisa diambil. Menabung di rekening bank yang memiliki bunga tinggi bisa menjadi pilihan. Namun, mengingat inflasi, hanya mengandalkan tabungan sepertinya itu tidak cukup.
 
 

2. Investasi

Investasi adalah cara yang lebih efektif untuk melawan inflasi dan menumbuhkan dana pensiun. Beberapa instrumen investasi yang dapat dipertimbangkan antara lain:
 
 a). Saham
Saham memiliki potensi imbal hasil yang tinggi, tetapi juga datang dengan risiko yang lebih besar.
 
b). Obligasi
Obligasi, terutama obligasi pemerintah, dianggap lebih aman daripada saham, meskipun imbal hasilnya mungkin lebih rendah.
 
c). Reksa Dana
Reksa dana memungkinkan untuk berinvestasi dalam berbagai aset dengan modal yang relatif kecil, dan dikelola oleh manajer investasi profesional.
 
d). Properti
Investasi dalam properti bisa memberikan keuntungan dari peningkatan nilai aset dan pendapatan pasif melalui sewa.
 
e). Emas
Emas sering dianggap sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi.