Merencanakan Pernikahan untuk Gen Z? Tips Mempersiapkan Keuangannya!

Merencanakan pernikahan perlu mempertimbangkan ragam aspek. Mulai dari kesiapan mental hingga biaya Sumber Gambar: Hai Bunda

Merencanakan pernikahan perlu mempertimbangkan ragam aspek. Mulai dari kesiapan mental hingga biaya Sumber Gambar: Hai Bunda

Like

Pernikahan merupakan momen sakral yang dinantikan bagi setiap pasangan. Namun, beberapa generasi muda atau Gen Z masalah keuangan menjadi penghalang untuk melangsungkan pernikahan dengan mewah.

Khususnya bagi mereka dengan gaji yang pas-pasan, atau mendapatkan Upah Minimum Regional (UMR), sehingga mengatur keuangan dengan baik menjadi kunci dari sukses nya meraih impian pernikahan yang didambakan.

Begini tips dan trik Gen Z dalam mengatasi permasalahan keuangan merencanakan pernikahan dengan bijaksana 
 

Prioritas Keuangan 

Sebelum memulai perencanaan pernikahan, calon pasangan perlu menentukan prioritas keuangan. Mendiskusikan hal-hal yang benar-benar penting dalam pernikahan, seperti tempat pernikahan, jumlah undangan, dan lainnya.

Baca Juga: Menghadapi Tantangan Pernikahan, Ini Tips dan Triknya dari Ahli

Menetapkan prioritas akan membantu memfokuskan anggaran pada hal yang paling berarti bagi pasangan yang hendak menikah.
 
 

Rencana Anggaran 

Setelah mengetahui prioritas, langkah selanjutnya membuat rencana anggaran yang realistis berdasarkan pendapatan yang dimiliki.

Serta menentukan beberapa banyak yang sudah disimpan untuk biaya pernikahan setiap bulannya dan pastikan untuk selalu disiplin dalam menjalani rencana tersebut.