Kimia Farma Tbk (KAEF) Melepas Seluruh Sahamnya di Mandiri Inhealth ke IFG Life

PT Kimia Farma Tbk (Sumber gambar: sahamonline.com)

PT Kimia Farma Tbk (Sumber gambar: sahamonline.com)

Like

PT Kimia Farma Tbk (KAEF), perusahaan terkemuka di sektor farmasi Indonesia, baru-baru ini menyelesaikan penjualan seluruh sahamnya di PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) kepada PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Transaksi ini senilai Rp229 miliar merupakan langkah strategis dalam restrukturisasi keuangan KAEF dan sejalan dengan inisiatif pemerintah untuk mengoptimalkan badan usaha milik negara (BUMN).
 


Detail Transaksi dan Implikasi Strategis

Penandatanganan akta jual beli (AJB) antara KAEF dan IFG Life pada tanggal 26 Juni 2024 melibatkan pelepasan 100.000 lembar saham, yang mewakili 10% kepemilikan total KAEF di Inhealth.

Baca Juga: Dari Karyawan BUMN Jadi Pebisnis Kuliner, Sukses Kembangkan Bisnis

Divestasi ini dilakukan setelah komitmen yang sebelumnya diumumkan oleh PT Bio Farma (Persero), anak perusahaan KAEF, melalui perjanjian pengikatan jual beli pada 7 Februari 2024.


Lina Sari, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko KAEF, menyatakan bahwa dana yang diperoleh dari divestasi ini akan digunakan untuk mengurangi utang jangka pendek maupun jangka panjang yang jatuh tempo dalam satu tahun (CPLTD).

Langkah finansial ini merupakan bagian dari rencana transformasi Kimia Farma Holding, sejalan dengan kerangka Penyelenggaraan Badan Usaha Milik Negara (PMO) yang ditetapkan oleh Kementerian BUMN.