Menikah di KUA atau Nikah 'YOLO'? Kamu Pilih Mana?

Like

Lalu bagaimana dengan budget menikah "YOLO"?

Budget menikah "YOLO" yang dimaksud di sini adalah menikah dengan anggaran yang maksimal dalam artian tanpa memikirkan batasan biayanya seperti konsep hidup YOLO (you only live once).

Biasanya calon pasangan yang memiliki prinsip ini adalah calon pasangan yang memiliki priviledge di finansialnya alias berkecukupan.

Mereka cenderung akan membuat pesta besar-besaran untuk merayakan sekaligus membuat memori yang tak terlupakan melalui pesta pernihakan tersebut. 

Biaya yang dikeluarkan untuk resepsi pernikahan mewah biasanya berkisar di angka 1 milyar keatas, biaya tersebut juga tergantung dengan konsep yang diusung kedua calon pengantin. Semakin mewah konsepnya maka biayanya pun akan semakin tinggi. 

Namun, sayangnya konsep nikah YOLO ini cenderung terkesan menjadi kompetisi. Tidak jarang dari keluarga si calon pengantin akan menentukan standar minimal pesta seperti apa yang mereka inginkan.


Baca Juga: Alasan Gen Z Lebih Memilih Karir Dibandingkan Menikah!

Mungkin ini tidak akan jadi masalah jika keluarga calon pasanganya bisa menyanggupi permintaan tersebut. Namun banyak juga calon pengantin yang harus bubar jalan atau malah terlilit hutang karena memaksakan kehendak untuk mengadakan pesta pernikahan yang mewah.

Semua calon pengantin pasti menginginkan momen hari pernikahannya bisa dikenang dan dirayakan. Mau hanya di KUA dan syukuran atau menggelar resepsi di gedung megah dengan dekorasi mewah, semua itu dikembalikan lagi kepada si calon pengantin.

Resepsi pernikahan bukanlah ajang kompetisi, dan yang paling penting adalah jangan sampai mengurangi kesakralan proses pernikahan secara agama dan negara. Bagaimana saksi, sah? Sah! 







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung