Ingin Investasi Emas? Yuk Kenali Dulu Jenisnya

Bisnis Muda
Like

Di tahun 1848, ratusan orang berbondong-bondong pergi ke California, Amerika Serikat. Saat itu, mereka pergi karena ulah James Wilson Marshall yang berhasil menemukan emas di sana. Peristiwa itu juga dikenal sebagai California Gold Rush.

Kalau sekarang, banyak orang berbondong-bondong mengincar emas sebagai salah satu bentuk investasi. Bukan sekedar tradisi dari orang tua, emas banyak dipilih karena termasuk aset safe haven.

Nah, sebelum kamu ingin berinvestasi emas, ini jenis-jenis logam mulia yang perlu kamu ketahui.

Emas Perhiasan

Sering dipakai sebagai aksesoris, jenis emas ini juga kerap kali disimpan sebagai sumber investasi. Salah satu keunggulannya adalah kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di toko emas terdekat atau langganan keluarga kamu.


Emas ini dibebani sama biaya pengolahan emas sehingga jadi perhiasan. Makanya, kalau kamu terpaksa akan jual kembali (buyback), toko emas biasanya enggak bersedia bayar ongkos pengolahannya itu.

Jenis ini biasanya berbentuk kalung, cincin, gelang, dan anting. Oh iya, biar aman investasi emasnya, ada baiknya kamu perhitungkan lagi harga jualnya dengan jenis emas lainnya.

Emas Batangan

Disebut juga emas lantakan, jenis  ini punya kadar emas hingga mencapai 99,99%. Sehingga, emas batangan dikenal sebagai emas murni. Berbeda sama emas perhiasan, emas batangan enggak perlu ada proses pengolahan layaknya emas perhiasan.

Di Indonesia, emas batangan diproduksi oleh PT. Aneka Tambang Tbk. (Antam), King Halim, dan HWT. Ada juga emas batangan Galeri24, jenama yang dibuat oleh anak usaha Pegadaian.

Emas batangan juga dinilai lebih aman. Enggak cuma itu, emas Antam yang terakreditasi internasional LBMA juga memnungkinkan emas dijual ke luar negeri.

Emas Koin

Kalau ada teman atau anggota keluarga kamu yang sudah naik haji pasti tahu soal koin emas “Ongkos Naik Haji” (ONH). Emas dalam bentuk koin ini memang ditujukan buat persiapan calon haji.

Enggak cuma itu, emas koin juga bisa dipilih sebagai garansi garansi dan juga inflasi. Nah, kalau kamu sendiri sudah pernah lihat bentuk emas koin belum? Hayoo jangan sampai tertukar sama permen coklat koin yang warnanya emas juga ya!