Paspor Lecet Bikin Ribet Saat Penerbangan Internasional? Ini Aturannya

Like

Lantas, Bagaimana sih Sebenernya Aturan Mengenai Paspor yang Rusak Tersebut?

Paspor merupakan salah satu dokumen resmi yang sangat penting bagi setiap individu untuk melakukan perjalanan internasional.

Menurut Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 8 Tahun 2014, paspor dikatakan masuk kategori rusak jika membuat keterangan di dalamnya menjadi tidak jelas atau memberikan kesan tidak pantas bagi paspor sebagai dokumen resmi.

Berdasarkan informasi dari laman Imigrasi, sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 8 Tahun 2014, kondisi rusak pada paspor tidak hanya berlaku untuk halaman depan yang memuat data pemegang paspor, namun juga pada halaman manapun di dalam paspor tersebut. 

Baca Juga: Indonesia Antisipasi Surat Keterangan Vaksin Jadi Syarat Perjalanan secara Global

Dikutip dari Kompas.com, berikut adalah rincian ciri-ciri paspor rusak yang perlu diperhatikan:
1. Sobek

2. Berlubang
3. Dicoret atau Tercoret
4. Basah
5. Terlipat

Dari kejadian yang menimpa selebgram tersebut, kita bisa belajar bahwa kondisi fisik paspor yang rusak atau lecet dapat menghambat perjalanan internasional. Paspor lecet tidak hanya mempersulit proses imigrasi tetapi juga bisa mengakibatkan penolakan untuk naik pesawat.

Aturan ini sejalan dengan ketentuan internasional yang mewajibkan paspor dalam kondisi baik agar data di dalamnya bisa dibaca dengan jelas oleh sistem imigrasi di berbagai negara.

Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi paspor sebelum merencanakan perjalanan internasional dan segera ganti jika ditemukan kerusakan.








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung