Enggak Cuma Hubungan, Bisnis juga Ada Strateginya Biar Langgeng!

Rahasia Bisnis Langgeng ala Mira Gartina S.

Rahasia Bisnis Langgeng ala Mira Gartina S.

Like

Be-emers, kali ini kita akan mengulas beberapa strategi bisnis yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis kita menjadi langgeng dari salah satu narasumber inspiratif yang sudah bergelut dalam bisnis mukena lebih dari satu dekade.

Pada Sabtu (28/6) lalu, Mira Gartina S. yang biasa disapa Mba Mira, adalah seorang Co-Founder Mukena Tatuis. Dalam acara live #YoungpreneurTalk yang diadakan oleh Bisnis Muda, Mba Mira membagikan kunci rahasia bisnis langgeng. Apa tuh rahasianya?

 

Konsisten is The Key!

Hal paling pertama dan yang paling tersulit adalah memulai. Tidak hanya dalam berbisnis, namun untuk memulai sesuatu yang baru pastinya sulit. Slogan "mulai aja dulu" memang benar adanya.. hehe.

Ketika bisnis sudah berjalan, tantangan tersulit selanjutnya adalah bertahan. Kita perlu untuk mampu bertahan dengan bisnis kita walaupun ada terpaan badai perubahan. Kunci utama agar bisnis kita bisa bertahan dan langgeng adalah konsisten.

Baca Juga: Cobain Strategi Breadcrumbing Strategi Meraup Cuan Lebih Banyak untuk Bisnis Restoran!
 



Gimana Cara Menghadapi Perubahan dalam Bisnis?

Perubahan itu ada dua jenis: perubahan yang kita kendalikan, dan perubahan yang tidak bisa kita kendalikan.

Menurut Mba Mira, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menghadapi perubahan yang tidak bisa kita kendalikan ketika terjadi di dalam bisnis, yaitu:
  1. Berdamai dengan perubahan
  2. Selalu mau belajar dengan hal baru
  3. Mencoba adaptif, kreatif, dan inovatif
  4. Tidak takut mencoba hal baru
  5. Berusaha positive thinking
  6. Menggunakan data untuk analisa