Fenomena Hujan di Bulan Juli, Efek La Nina atau Anomali Cuaca?

Like

History Fenomena La Nina di Indonesia 

Mengutip dari laman bmkg.go.id, fenomena La Nina terparah yang pernah terjadi di Indonesia yakni pada tahun 2010 dimana curah hujan di Indonesia masuk ke dalam kategori di atas rata-rata.

Beberapa wilayah di Indonesia yakni Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan sebagian wilayah Kalimantan mengalami curah hujan yg tinggi pada periode Maret-April-Mei hingga September-Oktober-November. 

Pada saat itu, BMKG menyebut Indonesia sedang dilanda kemarau basah yang berdampak buruk untuk sektor pertanian karena menyebabkan gagal panen.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem Bakar Wilayah Asia, Gimana Nasib RI?

La Nina juga menyebabkan banyak bencana hidrometeorologi seperti puting beliung, tanah longsor dan banjir besar. Berdasarkan data BNPN, bencana hidrometeorologi sepanjang tahun 2010 menyebabkan 59.501 rumah rusak, 1.557 fasilitas pendidikan rusak, dan merenggut korban jiwa sebanyak 1.907 dan 1.663 juta jiwa terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman. 


Nah semoga fenomena hujan yang terjadi tahun ini tidak menjadi bencana yang bisa merugikan semua orang ya Be-emers






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung