Pertimbangan Kerja di Korporasi atau Startup, Cek 5 Perbedaanya!

Kerja di korporasi dan startup bisa kamu pertimbangkan sebelum melamar kerja. Berikut 5 pertimbangan yang bisa kamu cek Sumber gambar: Freepik

Kerja di korporasi dan startup bisa kamu pertimbangkan sebelum melamar kerja. Berikut 5 pertimbangan yang bisa kamu cek Sumber gambar: Freepik

Like
Pernah nggak sih kamu bingung mau kerja di korporasi atau startup yang lagi nge-hits? Dua-duanya punya daya tarik dan tantangannya masing-masing, lho! Yuk, kita bahas bareng-bareng biar kamu nggak bingung lagi.
 

Perbedaan Kerja di Korporasi dan Startup

Berikut adalah perbedaan kerja di korporasi dan startup yang bisa kamu pertimbangkan sebelum melamar kerja:

1. Lingkungan Kerja

Di korporasi besar, biasanya kamu akan menemukan suasana kerja yang lebih formal. Ada dress code, jam kerja yang teratur, dan struktur organisasi yang jelas. Buat kamu yang suka keteraturan dan rutinitas, mungkin ini pilihan yang tepat.

Sebaliknya, di startup, suasananya lebih santai dan fleksibel. Kamu bisa pakai jeans dan kaos, bahkan kadang-kadang kerja dari rumah juga nggak masalah. Cocok banget buat kamu yang suka tantangan dan nggak suka dengan rutinitas yang kaku.

Baca Juga: 4 Perbedaan Kerja di Korporasi dan Startup, Freshgraduate Wajib Tahu!
 

2. Pengembangan Karir

Kerja di korporasi besar seringkali berarti ada jenjang karir yang jelas. Kamu bisa mulai dari level entry dan pelan-pelan naik ke level yang lebih tinggi. Ada banyak kesempatan untuk ikut training dan program pengembangan diri.

Di startup, karirmu bisa melesat dengan cepat. Karena timnya kecil, kamu punya peluang besar untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab dan belajar berbagai hal dalam waktu singkat. Tapi, siap-siap juga dengan risiko yang lebih besar karena startup bisa saja mengalami kegagalan.