Pengin Lolos Beasiswa? Yuk, Perhatikan Tips Berikut Ini!

Sumber Gambar: Tribun Kaltim

Sumber Gambar: Tribun Kaltim

Like

Beasiswa pendidikan merupakan kesempatan berharga bagi siswa atau mahasiswa dalam mewujudkan mimpi di pendidikan tanpa terbebani dengan biaya pendidikan yang mahal.

Namun, dalam mendapatkannya tidak semudah itu, persaingan dalam mendapatkan beasiswa cukup ketat. Sehingga perlu adanya persiapamn dan strategi yang tepat agar lolos.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia mulai tanggal 2 Mei 2024, pendaftaran ditutup pada 15 Juni 2024.

Beasiswa ini digunakan untuk melanjutkan pendidikan D4/S1, S2, dan S3. Pilihan beasiswa ini tersedia dalam negeri dan luar negeri. Simak syarat, dan jenis beasiswa yang ditawarkan supaya lolos Beasiswa Pendidikan.


Syarat Daftar Beasiswa

Mengutip dari Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemenbudristek, terdapat beberapa syarat umum untuk mendaftar beasiswa, berikut diantaranya:

Baca Juga: Pengin Lolos Beasiswa? Berikut Tips untuk Mendapatkannya!
  1. Warga Negara Indonesia (WNI), caranya dibuktikan dengan kartu identitas legal bukan penduduk tetap di negara lain, seperti KTP.
  2. Telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi di dalam negeri atau luar negeri sesuai dengan skema beasiswa yang telah ditetapkan oleh BPPT. Dapat dibuktikan dengan surat tanda diterima tanpa syarat yang masih berlaku sampai dengan masa penandatangan surat pernyataan sebagai penerima beasiswa. Calon penerima beasiswa wajib melampirkan LoA dengan waktu mulai studi. Apabila mengunggah LoA yang tidak sesuai maka dianggap tidak memenuhi kriteria. Dan Perguruan Tinggi serta Program Studi harus sesuai dengan pilihan yang terdaftar di aplikasi pendaftaran.
  3. Mengenai LoA Conditional, menerima hanya jika persyaratan tersebut berkaitan dengan sponsor pendanaan, dokumen ijazah, dan transkrip. Serta wajib melampirkan identitas, program studi, perguruan tinggi dan periode perkuliahan.
  4. Apabila mendaftar program beasiswa jenjang D4/S1 wajib telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA/SMK serta memiliki ijazah yang menyatakan lulus, baik sekolah di dalam negeri atau luar negeri.
  5. Apabila mendaftar program beasiswa S2 wajib telah menyelesaikan D4 atau s1 serta memiliki ijazah/ Surat keterangan Lulus (SKL) dan transkrip dari Perguruan Tinggi di dalam negeri, Kedinasan dalam negeri dan Perguruan Tinggi luar negeri.
  6. Apabila mendaftar program beasiswa S3 wajib telah menyelesaikan studi program S2 serta memiliki ijazah/ Surat Keterangan Lulus (SKL) dan transkrip dari Perguruan Tinggi di dalam negeri, Kedinasan dalam negeri dan Perguruan Tinggi luar negeri.