Peluang Bisnis Roti Bakar, Mini Starbucks Rasa Lokal!

Peluang bisnis roti bakar (Format: pixabay,com)

Peluang bisnis roti bakar (Format: pixabay,com)

Like

Roti bakar merupakan kuliner favorit masyarakat Indonesia dan mudah dijumpai. Banyaknya peminat kuliner satu ini, membuat peluang bisnis roti bakar dinilai cukup menjanjikan dan layak dicoba. 

Namun karena banyaknya pedagang kuliner ini, membuat bisnis ini memiliki persaingan yang ketat. Untuk itu, jika kamu tertarik dengan bisnis ini, cobalah membuat inovasi baru.

Setelah menemukan inovasi tersebut, maka kamu perlu mencari cara membuka bisnis kuliner roti bakar yang mudah untuk pemula.Tidak perlu khawatir, kamu dijamin bisa buat bisnis ini booming macam kopi. 

Kelebihan dari usaha ini adalah local based business. Kamu gak perlu bersaing sama daerah lain untuk menang. Karena biasanya perilaku masyarakat adalah cenderung memperhatikan hal-hal yang praktis. Nah, kalau gitu yuk simak informasinya disini!


Menyediakan Peralatan Usaha

Ketika akan mulai bisnis roti bakar, maka kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan sebagai investasi. Seperti gerobak, kompor gas, alat pemanggang roti, wadah selai, dan juga spatula atau alat untuk membolak balik roti.

Agar jualan semakin menarik minat banyak pembeli, akan lebih baik jika gerobak dihias dengan cantik dan menarik. Bila perlu kamu memulai bisnis dengan mengusung sebuah tema menarik.



Menyediakan Bahan Baku

Dalam memanfaatkan peluang bisnis roti bakar, maka kamu juga perlu menyiapkan bahan baku seperti roti tawar dan juga berbagai isian roti. Biasanya isian roti ini terdiri dari berbagai jenis selai, susu kental manis, margarin atau mentega, misis coklat, dan lainnya.

Perlu diingat, usahakan memilih roti tawar yang empuk dan kenyal. Selain itu juga pilih yang memiliki ukuran panjang dengan tekstur tebal, sehingga tidak gampang sobek.


Menguasai Cara Pembuatan Roti Bakar yang Enak

Ingin bisa buat roti bakar yang enak? Berikut tipsnya.

Pertama, potong di bagian tengah roti tawar dengan ukuran memanjang, kemudian isi dengan selai dan mentega. Setelah itu, tambahkan susu kental manis di atasnya.

Panaskan pemanggang roti dengan api sedang dan taruh sedikit mentega di atas panggangan. Kemudian, masukkan roti di atas alat pemanggang dan tunggu lima menit. Bolak-balik roti, hingga berwarna kecoklatan.


Menentukan Konsep Bisnis Roti Bakar

Sebelum mulai menjalankan peluang bisnis roti bakar, sebaiknya awali dengan mempertimbangkan berbagai konsep. Entah itu bisnis rumahan, pedagang kaki lima, restoran, café, atau gerobak keliling.

Ada baiknya pilih konsep yang paling mudah dan disukai, serta terdapat sumber daya yang memadai. Namun saat ini, konsep yang paling banyak digunakan adalah konsep bisnis secara kali lima menggunakan booth atau gerobak.


Memilih Lokasi yang Strategis

Jika sudah menguasai cara membuat roti bakar yang enak dan sudah mempersiapkan alat dan bahan untuk jualan, selanjutnya perlu mencari lokasi yang tepat untuk bisnis.

Dimana dalam menentukan lokasi jualan ini tidak boleh sembarangan dalam memilih. Disarankan memilih lokasi yang ramai dilalui orang, sehingga bisnis akan dilirik oleh banyak orang.


Harga Roti Bakar Bersaing

Di tengah persaingan bisnis kuliner satu ini yang makin sengit, sebagai pemula dalam memanfaatkan peluang bisnis roti  bakar kamu harus bisa berfikir cerdik. Sehingga bisa mengalahkan para pesaing.

Salah satu cara yang cukup efektif untuk membuat bisnis ramai pembeli adalah menetapkan harga yang lebih murah dari kompetitor, namun tanpa meninggalkan rasa dan kualitas.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika memulai bisnis roti bakar. Bisa dikatakan bisnis satu ini memiliki prospek yang cerah. Agar lebih maksimal, maka kamu bisa melakukan promosi bisnis baik secara konvensional ataupun digital.

Termasuk usaha kecil menengah, namun tetap harus dilakukan dengan sebaik baiknya. Jangan lupa untuk selalu promosi dan kerja keras, serta pantang menyerah. Usaha seperti ini bisa kamu kembangkan menjadi franchise kalau laris, lho!

Semoa bermanfaat ya buat kamu yang mau mulai usaha kecil-kecilan. Simak di Bisnis Muda ada banyak sekali inspirasi dan peluang bisnis yang bisa kamu pelajari! 

Simak juga: Peluang Bisnis Ritel Timeless? Startup Alert