Gen Z Doyan Pakai PayLater, Intip Kerugian dan Manfaatnya!

Like

Menunda Pembelian

Apabila ingin membeli sesuatu maka mencoba untuk menunda pembelian selama beberapa waktu. Sehingga akan memberi waktu untuk berpikir kembali dan memastikan bahwa benar-benar membutuhkan barang itu. 


Lantas mengapa Gen Z lebih suka menggunakan layanan paylater?

Profil Gen Z

Didorong oleh profil Gen Z sebagai kelompok usia produktif yang memiliki pendapatan, artinya generasi ini memiliki uang untuk berbelanja. Hanya saja apabila tidak pandai mengatur keuangan Gen Z akan cenderung konsumtif. Lebih jauh lagi, apabila pendapatannya tidak cukup untuk membiayai pengeluaran. maka paylater menajdi solusi. 


Kemajuan Teknologi

Saat ini banyak sekali berbagai aplikasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan belanja yang menawarkan layanan paylater. Sehingga dengan adanya layanan ini, Gen Z lebih mudah untuk membeli terlebih dahulu dan membayar belakangan.

Baca Juga: Tips Rencana Pembayaran yang Tepat: Kunci Sukses Menggunakan Layanan Paylater

Hal ini tergolong utang konsumtif. Maka dari itu Gen Z harus cakap dalam menyikapi kemajuan teknologi digital secara bijak.

Oleh karena itu sebagai Gen Z pentingnya memiliki literasi keuangan, karena dengan kurangnya literasi keuangan akan membuat sulit untuk menabung dan berinvestasi, sehingga cenderung menggunakan layanan pinjaman.


Dan memiliki pemahaman dan perencanaan keuangan agar lebih seletif dalam mengatur keuangan, serta mengutamakan kebutuhan dibanding dengan keinginan.







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung