Iseng-Iseng Dapat Cuan dari 7 Ide Bisnis Rumahan

Like

4. Jasa Desain Gambar atau Open Commission 

Jika kamu memiliki bakat menggambar, ide bisnis rumahan yang cocok untuk kamu adalah jasa desain atau open commission.

Open commission adalah aktivitas seorang kreator atau ilustrator yang membuka jasa menggambar sesuai dengan pesanan customer. Fee pembuatan jasa gambar ini pun bervariasi mulai dari Rp100.000 untuk ukuran mini atau bisa juga disesuaikan dengan tingkat kesulitan dari gambar yang dipesan. Pemasaran bisnis ini pun cukup mudah.

Kamu bisa mempromosikan hasil gambar kamu lewat media sosial atau dengan bergabung di komunitas yang berkaitan dengan seni atau komik.

Selain menggambar karakter, kamu juga bisa menawarkan jasa pembuatan logo untuk suatu brand atau perusahaan yang mana biasanya fee-nya bisa lebih besar dan menguntungkan. 

 

5. Bisnis Menulis Cerita 

Punya hobi membuat cerita atau yang sekarang sering dikenal dengan istilah AU (alternative universe), ide bisnis ini bisa jadi cocok dengan kamu.


Kamu bisa mempublikasikan karya kamu lewat platform-platform berbayar seperti karyakarsa, wattpad, dan lainnya. Selain cerita fiksi, kamu juga bisa menyalurkan hobi menulismu lewat platform menulis sebagai kontributor artikel feature.

Namun pastikan karya kamu orisinil ya. Jangan sampai menjiplak karya orang lain dan dikomersilkan untuk keuntungan pribadi. Selain itu, peluang kamu dilirik oleh penerbit juga sangat memungkinkan jika karya kamu dikenal banyak orang. 
 

Punya keahlian membuat kerajinan tangan, bisnis handicraft bisa jadi pilihan/Canva

Punya keahlian membuat kerajinan tangan, bisnis handicraft bisa jadi pilihan/Canva

 
Baca Juga: Tip Berbisnis untuk Ibu Rumah Tangga, Tetap Bisa Meski di Rumah Aja!
 

6. Bisnis Handicraft 

Jika kamu punya tangan yang terampil untuk membuat kerajinan tangan seperti rajutan, aksesori, dan hiasan-hiasan lucu itu bisa jadi modal untuk ide bisnis rumahan yang menghasilkan cuan. Terlebih untuk barang yang diproduksi menggunakan tangan biasanya akan dihargai lebih tinggi berdasarkan tingkat kesulitannya.

Kamu bisa bergabung dengan komunitas atau pameran kerajinan tangan atau handicraft untuk memperluas networking dan menggaet konsumen baru untuk produk kamu. 

 

7. Bisnis Les Privat Online 

Kamu pintar berkomunikasi untuk hal akademis, ide bisnis ini bisa jadi pilihan. Les private online untuk anak-anak maupun dewasa bisa kamu lakukan dari rumah.

Materi pembelajarannya pun tidak selalu harus yang terkait pelajaran sekolah, namun juga keterampilan seperti bahasa, konten online, dokumen administrasi atau laporan pajak juga bisa kamu jadikan kelas private yang tentunya untuk harga yang disesuaikan.

Kamu juga bisa bergabung di komunitas mengajar untuk memperluas networking kamu dalam mencari calon murid. Selain itu, dengan bergabung bersama komunitas sesama pengajar online juga bisa memberikan kamu kesempatan menjadi pembicara atau narasumber untuk event bertemakan pendidikan. 

Perlu diingat, untuk memulai bisnis rumahan tidak hanya tentang menghasilkan uang, tetapi juga harus disesuaikan dengan passion kamu ya. Jangan sampai kamu melalaikan tugas wajib di rumah hanya untuk mengejar uang. Jangan lupa untuk mengatur flow dan tanggung jawab agar semuanya berjalan dengan lancar. Semangat ya Be-emers!  



















----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung