Iseng-Iseng Dapat Cuan dari 7 Ide Bisnis Rumahan

7 ide berbisnis dari rumah yang bisa menghasilkan cuan yang menjanjikan (Sumber gambar: Canva)

7 ide berbisnis dari rumah yang bisa menghasilkan cuan yang menjanjikan (Sumber gambar: Canva)

Like

Berbisnis itu bisa dari mana saja, dengan memanfaatkan peluang dan juga niat yang kuat, siapapun bisa jadi pebisnis termasuk ibu rumah tangga lho Be-emers!

Nah berikut ini adalah beberapa ide usaha yang bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang relatif bisa dijangkau lho, ada apa saja? 
 

Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Terjangkau

1. Bisnis Katering Sehat ala Rumahan 

Bisnis rumahan yang pertama adalah bisnis katering atau kudapan yang menunya bisa kamu tentukan harian.

Di zaman yang serba praktis seperti sekarang yang mana untuk urusan makanan banyak yang lebih memilih membeli dibandingkan masak sendiri menjadikan bisnis katering rumahan memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Kamu bisa memulai bisnismu dengan menyediakan paket menu yang terdiri dari sayur, lauk utama dan beberapa kudapan pendampingnya yang bisa kamu jual per porsi atau satuan. Atau kamu juga bisa membuat menu spesifik berdasarkan tren kuliner yang sedang viral namun jangan lupa untuk memberikan ciri khas dari menu kamu sebagai value plus dari produk kamu ya. 

Selanjutnya untuk media promosi biar usaha kamu makin dikenal banyak orang, kamu bisa memanfaatkan media sosial dan juga beberapa grup obrolan dari aplikasi chatting untuk meningkatkan pelanggan bisnis katering kamu.


Terakhir yang tidak kalah penting yakni usahakan untuk tetap menjaga kualitas makanan dengan baik ya. Bisnis kuliner bisa bertahan lama dan semakin terkenal jika mampu menjaga kualitasnya dengan baik. 
 

Bisnis tanaman hias dari pekarangan rumah/Canva

Bisnis tanaman hias dari pekarangan rumah/Canva


2. Bisnis Tanaman Hias 

Bisnis tanaman hias juga memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan lho. Jika kamu memiliki hobi tanam menanam cobalah untuk menjalani bisnis tanaman hias dan perlengkapannya.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Pekerjaan Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, Bisa Tambah Penghasilan!

Kamu bisa memilih beberapa tanaman hias yang mudah dikembangkan dan cocok dengan iklim Indonesia seperti Aglaonema, Lidah Mertua, Sirih Gading, Bambu Hoki, Lidah Buaya, Sri Rejeki yang masih menjadi favorit para kolektor tanaman hias.

Perluas jangkauan penjualan dengan memanfaatkan media sosial. Jangan lupa untuk membuat konten berisikan testimoni kepuasan pelanggan yang bisa membantu menarik minat dari calon pelanggan baru bisnis kamu ya. 
 

Bisnis buket untuk wisuda termasuk bisnis yang mudah dilakukan di rumah/Canva

Bisnis buket untuk wisuda termasuk bisnis yang mudah dilakukan di rumah/Canva

 

3. Bisnis Buket Wisuda 

Ide bisnis rumahan lainnya adalah buket wisuda. Belakangan ini kelulusan yang disertai dengan agenda wisuda tidak hanya untuk kalangan mahasiswa saja.

Mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas kini banyak yang merayakan kelulusan dengan prosesi wisuda. Maka dari itu bisnis buket wisuda cukup menjanjikan keuntungannya.

Baca Juga: Rekomendasi Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, Dijamin Cuan!

Apalagi dengan pilihan yang makin beragam, tidak selalu berisikan bunga. Buket wisuda saat ini sangat bervariasi seperti buket snack atau makanan ringan, bahkan ada juga yang membuat buket berisikan nasi padang lengkap dengan lauk pauknya yang disesuaikan dengan permintaan si pemesan.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini juga tidak terlalu besar, yang penting kamu harus memiliki kreativitas dalam merangkai isi buket agar produk buket kamu memiliki nilai lebih dan terlihat unik dibandingkan kompetitor buket yang lainnya ya.