Win Win Solution, Ini yang Bisa Pebisnis Tawarkan Supaya Tetap Cuan dengan Pembeli

Like

3. Saling membeli barang dalam satu komunitas

Ada kalanya harga barang-barang di sekitar komunitas kita, tetangga, lebih mahal daripada di luar komunitas, seperti online dan pasar modern. Jika kita membeli barang tersebut tentu akan merugikan. 

Meski demikian, sebaliknya ini justru menguntungkan. Hal ini sama seperti ketika disuruh membeli produk lokal atau produk luar negeri. Beberapa hal yang menyebabkan keuntungan antara lain:

Menyediakan lapangan kerja. Pekerjaan lokal dibuat dan dipertahankan karena adanya produk yang terus kita beli.

Meningkatkan perekonomian. Berbelanja di komunitas sekitar berarti uang yang kita keluarkan akan dapat dimanfaatkan ke bisnis-bisnis lokal dan membantu meningkatkan ekonomi. 

Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM). Karena kita tidak perlu berkendara jauh atau justru tidak perlu berkendara untuk membelinya.


Peduli lingkungan, karena hemat BBM. Semakin hemat BBM semakin kecil emisi karbon, semakin peduli lingkungan.

Penanganan masalah lebih cepat, jika barang rusak atau tidak sesuai. Hal ini karena kita bisa mengomunikasikan dan menukar lebih cepat.

Ikut meningkatkan kualitas produk dalam komunitas. Uang yang kita berikan untuk membeli produk di komunitas dapat dimanfaatkan oleh komunitas tersebut untuk biaya riset dan pengembangan produk.

Berpartisipasi dalam persaingan global. Pembelian di komunitas sekitar akan membuat produk komunitas lebih kompetitif di pasar global.

Memperkuat persatuan komunitas. Pembelian produk di dalam komunitas akan meningkatkan solidaritas dan persatuan di dalam komunitas tersebut.

Terakhir, yang kita tunggu, membeli produk di komunitas akan memberikan harapan kepada kita, agar komunitas tersebut juga mau membeli produk kita. 

Baca Juga: Manfaat Business Plan untuk Pelaku Usaha, Simak Cara Membuatnya!

 

4. Bangun bisnis sejenis berhadap-hadapan

Tidak masalah untuk mendirikan bisnis sejenis tepat di hadapan bisnis yang sudah ada. 
Tetap ada persaingan, asalkan persaingan yang dilakukan adalah persaingan sehat, maka tetap akan mendapatkan keuntungan.

 

5. Memberi hadiah

Hampir sama dengan memberatkan timbangan konsepnya, namun memberi hadiah, bentuknya bukan barang yang dijual, tetapi dapat berupa kaos, gantungan kunci, dompet, atau pernak-pernik lain yang diberi identitas logo bisnis kita.

Secara material, memberi hadiah ini akan menambah biaya operasional dan merugikan. Namun sebaliknya, ini justru menguntungkan.

Memberikan hadiah kepada pelanggan akan membuat senang pelanggan. Ini akan menyebabkan pelanggan menjadi loyal.

Di saat yang bersamaan hadiah dengan logo bisnis kita dapat memberikan kesadaran brand kita dan mengingatkan pelanggan tentang bisnis kita tersebut.








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung