3 Tips Mengatasi Quarter Life Crisis karena Finansial, Salah Satunya Perbanyak Bersyukur

Ilustrasi quarter life crisis (Sumber gambar : pexels.com/Karolina Kaboompics)

Ilustrasi quarter life crisis (Sumber gambar : pexels.com/Karolina Kaboompics)

Like

Pernah dengar tentang quarter life crisis? yaitu sebuah kondisi yang malanda seseorang pada usia 20-30 tahun. Lebih lengkapnya quarter life crisis atau krisis seperempat abad adalah perasaan tidak yakin terhadap tujuan hidup dan masa depan.

Perasaan ini biasanya disertai dengan rasa khawatir, cemas dan perasaan terbebani oleh pandangan orang lain. Banyak hal yang menyebabkan timbulnya quarter life crisis, seperti karena pengaruh lingkungan, tekanan dan tuntutan dari orang-orang di sekitar.  

Hal lain yang tak kalah penting dan sering menjadi penyebab quarter life crisis adalah masalah finansial.

Tidak jarang banyak orang yang merasa cemas dan tertekan karena kondisi finansial mereka yang kurang baik. Hal tersebut dapat dipahami karena finansial merupakan dasar dalam kehidupan kita.

Baca Juga: Worry Soal Finansial di Masa Quarter Life Crisis? Cobain 5 Langkah Berikut!


Sehingga tidak heran masalah finansial menjadi urusan penting dalam hidup seseorang, tidak jarang seseorang dengan kondisi finansial yang berantakan membuat hidup mereka pun akan berantakan.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatur finansial agar fase quarter life crisis dapat dilewati dengan baik, berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan :
 

Tips Menghadapi Quarter Life Crisis

1. Syukuri apa yang sudah kita miliki

Kebanyakan rasa insecure disebabkan kita sering membanding-bandingkan apa yang kita miliki dengan milik orang lain.

Kemudian timbul rasa tidak puas terhadap diri kita. Sebenarnya rasa insecure atau tidak percaya diri muncul dikarenakan kita kurang bersyukur dengan apa yang kita miliki.

Selayaknya kita bersyukur terhadap kondisi finansial kita saat ini, seperti tidak mempunyai angsuran, mempunyai penghasilan tetap, tidak kekurangan dan lainnya.