Mengelola Keuangan Keluarga Single Income, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Like

Atur keuangan secara detail 

Jika menjadi single income, maka pastikan semua pemasukan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, atur pengeluaran berdasarkan kebutuhan yang diperoleh. Jangan sampai pengeluaran lebih besar. 
 

Kurangi gaya hidup yang berlebihan 

Selain mengatur pengeluaran secara detail, maka yang harus diterapkan jika menjadi single income yaitu kurangi gaya hidup yang mewah sehingga menimbulkan keborosan. Lebih baik utamakan kebutuhan primer terlebih dahulu agar keuangan tidak kacau.
 

Mencari tambahan penghasilan 

Jika masih memungkinkan dan ada waktu luang, maka mencoba mencari tambahan penghasilan seperti berbisnis dari rumah. Seperti buka jasa laundry, buka catering, dan lain-lain. Dari tambahan penghasilan tersebut dapat dialokasikan menjadi tabungan atau biaya kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Keluarga Single Income, Yuk Anggarkan Pengeluran Bulanan dengan Strategi Berikut!
 

Mempersiapkan dana darurat 

Apapun statusnya, tidak hanya status single income yang harus menyiapkan dana darurat. Karena ini akan berguna pada masa depan, ketika ada suatu kebutuhan yang mendesak.

Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa menjadi satu-satunya pencari nafkah di keluarga bukan menjadi penghalang untuk merencanakan keuangan secara baik. Kenyataannya keluarga dengan status single income juga bisa memenuhi kebutuhan dengan pengelolaan keuangan yang tepat. Maka masa depan akan cerah dan lebih tertata.












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung