Ibu Rumah Tangga tapi Pengin Mulai Bisnis? Ini Tipsnya!

Like

4. Memanfaatkan sumber daya. Ibu yang baru memulai bisnis dapat memanfaatkan terlebih dahulu sumber daya yang dimiliki, baik uang, alat, waktu, dan tempat.  

5. Siap jadi CEO, Chief Everything Officer. Ibu yang memulai bisnis harus menguasai dan menerapkan enam ilmu bisnis, yaitu produksi, menjual, pemasaran, keuangan, merekrut dan mengatur karyawan, juga pengendalian mutu dan pengembangan produk.

6. Disiplin. Buat perjanjian dengan keluarga, suami, anak, bahwa ibu yang memulai bisnis harus mengalokasikan waktu untuk berbisnis.

7. Punya produk yang memberi solusi. Selain semua hal di atas, ibu yang memulai bisnis juga harus memikirkan agar produk yang dibuat memang produk yang memberi solusi atas suatu masalah

Baca Juga: 10 Ide Pekerjaan Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, Wajib Dicoba untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan!


Selain hal di atas, pesan dari beberapa ibu rumah tangga yang berhasil merintis bisnisnya adalah, setiap kemauan pasti ada jalan. Tapi harus dicari terlebih dahulu jalan tersebut. Kalau diam saja, tidak akan tahu, posisi jalan tersebut ada dimana.

Gigihlah tapi dinikmati. Secara alami, hiidup tidak selalu ada di atas. Kadang di atas kadang di bawah. Begitu pula bisnis, kadang untung, kadang rugi. Jadi nikmatilah.













----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung