Potensi Menghasilkan Cuan dari Menulis, Platform Digital Bisa jadi Pilihan!

Mengubah tulisan menjadi uang di era digital (Sumber gambar: Oleh Nick Morrison di unplash.com)

Mengubah tulisan menjadi uang di era digital (Sumber gambar: Oleh Nick Morrison di unplash.com)

Like

Di era digital ini, kalian tentu merasakan perubahan yang signifikan dalam menulis. Dulu menulis tidak memiliki akses yang mudah bagi semua orang berbanding terbalik pada saat ini. Hal ini merupakan peluang yang besar bagi siapa saja dengan kemampuan menulis menjadi penulis digital. 

Menulis digital selain dapat menjadi hobi, tetapi juga dapat memberikan penghasilan bagi kalian. Dengan menulis, kalian bisa mengubah kata kalian menjadi uang. 
 
Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi berbagai cara bagaimana menulis digital dapat menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan. 

 

Mengapa Menulis Digital?

Perubahan era saat ini tentu mengharuskan kita sebagai penulis beradaptasi mengikutinya. Kenaikan minat pembaca ebook yang semakin meningkat dari tahun ke tahun memaksa penulis mengubah haluan dari metode tradisional ke metode digital.

Baca Juga: Kelola Stres dengan Gratitude Journal, Yuk Cobain!

Menurut Kak Tendi Murti, Founder of Komunitas Menulis Online, bahkan dengan perubahan ini malah memberikan manfaat yang lebih besar kepada penulis. 
  • Penulis bisa melakukan test the water.
  • Banyak platform yang mendukung penulis digital.
  • Jangkauan pembaca yang lebih luas.
  • Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menerbitkan karya tulisannya.
  • Lebih memungkinkan untuk berpenghasilan besar.


 

Potensi Menghasilkan Uang Dari Menulis Digital

Banyak metode yang tersedia saat ini dapat mendukung kalian menulis serta mendapatkan keuntungan yang lumayan. Berikut adalah beberapa metode populer yang dapat kalian gunakan.

1. Blogging

Blogging adalah aktivitas mengelola blog, seperti menulis, memperbarui, atau menambahkan konten tambahan pada blog. Aktivitas melakukan ini dengan menggunakan alat digital yang tersedia di Internet. Ada banyak platform yang tersedia untuk blogging seperti bisnismuda.id, blogger.com, wordpress.com, dan banyak lainnya.

 
Cara Monetisasi:
  • Iklan (Google AdSense): Kalian dapat menggunakan Google AdSense untuk menampilkan iklan di blog kalian dan mendapatkan uang dari setiap tayangan atau klik iklan.
  • Pemasaran Afiliasi: Promosikan barang atau layanan melalui link afiliasi di blog kalian.
  • Post Bersponsor: Berkolaborasi dengan merek atau perusahaan untuk membuat artikel yang disponsori.