Menyiapkan Dana Pensiun dengan Kripto? Pahami Dulu Risikonya!

Ada banyak instrumen investasi untuk menyiapkan dana pensiun. Salah satunya kripto. Kamu tertarik menyiapkan dana pensiun lewat kripto? (Foto. Freepik.com)

Ada banyak instrumen investasi untuk menyiapkan dana pensiun. Salah satunya kripto. Kamu tertarik menyiapkan dana pensiun lewat kripto? (Foto. Freepik.com)

Like
Bisa dibilang kripto kini sedang naik daun. Popularitasnya kini sedang mengalami peningkatan yang signifikan. Tidak sedikit orang yang tertarik untuk berinvestasi dalam aset digital. Karena digadang-gadang investasi jenis ini memiliki potensi tinggi dalam keuntungan.
 
Fenomena tersebut selanjutnya menimbulkan pertanyaan tersendiri bagi investor. Apa mungkin menggunakan kripto sebagai investor dana pensiun? 
 
Pertanyaan tersebut tidak bisa dijawab secara sederhana, hanya dengan mungkin dan tidak. Akan tetapi ada beberapa faktor-faktor yang harus dipertimbangkan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Karena pada akhirnya jawaban itu akan mempengaruhi keputusan seseorang mengambil keputusan penting untuk masa depan.
 

Pengertian Kripto 

Kripto merupakan mata uang digital atau virtual yang menggunakan teknologi kriptografi untuk keamanan. Tidak seperti mata uang biasa yang dikeluarkan pemerintah, kripto tidak memiliki bentuk fisik. Kripto hanya bisa digunakan diaplikasi dan jaringan teknologi tertentu berbasis blockchain.
Pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto memperkenalkan Bitcoin yang kemudian menjadi populer dan terkenal. Selain Bitcoin, ada ribuan kripto lain, termasuk Ethereum, Ripple, dan Litecoin.
 
 

Keuntungan Investasi Kripto untuk Dana Pensiun

Tujuan utama investasi adalah mencari keuntungan. Jika bisa tentu yang dicari ada keuntungan sebesar-besarnya dengan cara mudah dan aman. Begitu juga dengan kripto, ada beberapa faktor yang menjadayai d tariknya:
 

1. Potensi Keuntungan Tinggi

Potensi keuntungan yang sangat tinggi dari kripto merupakan daya tarik utama. Misalnya, jika nilai Bitcoin meningkat secara signifikan sejak diluncurkan, maka dijamin investor akan kaya raya besarnya keuntungan yang didapatkan.
 
 

2. Diversifikasi Portofolio

Banyak investor yang mengurangi risiko dengan menyebarkan investasi di berbagai aset. Salah satunya adalah kripto sebagai portofolio investasi. 
 
 

3. Bisa Diakses Secara Global

Selain keuntungan, kemudahan transaksi juga menjadi salah satu daya tarik. Karena dapat diakses dan digunakan secara global, menjadi salah satu faktor menggunakan kripto.
 
 

4. Teknologi Blockchain

Blockchain yang mendasari kripto menawarkan transparansi, keamanan, dan kecepatan transaksi yang lebih baik dibandingkan sistem tradisional.