Menyiapkan Dana Pensiun dengan Kripto? Pahami Dulu Risikonya!

Like

Risiko Menyiapkan Dana Pensiun dengan Kripto

Setelah mengetahui potensi keuntungan selanjutnya ada beberapa risiko investasi kripto yaitu sebagai berikut:

1. Volatilitas Tinggi

Harga yang sangat fluktuatif sehingga niilai aset dapat melonjak atau anjlok dalam waktu singkat. Hal ini sangat berisiko bagi investor yang hanya mengandalkan stabilitas nilai aset untuk masa pensiun mendatang.
 

2. Kurangnya Regulasi

Meskipun banyak digunakan diberbagai negara tetapi banyak negara belum memiliki regulasi jelas terkait kripto. Tentu saja hal ini menimbulkan risiko hukum dan ketidakamanan bagi investor.

Baca Juga: Amankah Menabung Dana Pensiun dengan Kripto? Begini Tipsnya
 

3. Potensi Kehilangan

Meski menggunakan teknologi kriptografi, peretasan atau kehilangan kunci privat juga tetap mungkin terjadi. Jika seorang investor kehilangan akses ke dompet digital dan tidak dapat dipulihkan, itu artinya seorang investor telah kehilangan harta simpanannya.
 

4. Kompleksitas Teknis

Tidak mudah memahami cara kerja cryptocurrency dan teknologi blockchain. Sehingga Investor harus memahami dan mempelajarinya terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan. Namun, sayangnya tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk hal tersebut.

 

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Membuat keputusan investasi tidaklah mudah, selain potensi keuntungan semua jenis investasi memiliki beberapa faktor yang juga patut dipertimbangkan seperti halnya dengan kripto sebagai bagian dari dana pensiun.

1. Toleransi Risiko

Sebelum memikirkan keuntungan pikirkan juga bagaimana jika terjadi volatilitas kripto? Apakah dapat merelakannya begitu saja. Jika tidak siap menerima hal itu maka sebaiknya urungkan niat untuk menyimpan dana pensiun dalam investasi ini.
 

2. Diversifikasi 

Untuk mengurangi resiko sebaiknya gunakan diversifikasi investasi ke berbagai aset. Seperti saham, obligasi, properti, dan kripto.
 

3. Rencana Jangka Panjang

Pensiun adalah tujuan jangka panjang. Pastikan telah memiliki rencana matang dan tidak hanya bergantung pada potensi keuntungan jangka pendek saja.

 

4. Pengetahuan dan Pemahaman

Pastikan untuk belajar tentang kripto dan teknologi blockchain. Agar keputusan investasi dibuat berdasarkan pemahaman bukan sekadar ikut-ikutan popularitas semata.

Setelah mengetahui potensi keuntungan dan risiko, selanjutnya pahami juga mengenai hukum penggunaannya. Bisik secara negara atau agama.

Perlu diketahui bahwa kripto masih menjadi bahan perdebatan ahli ekonomi dan ulama-ulama. Namun, jika hal tersebut tidak mempengaruhi keputusan Be-emers dalam membuat keputusan investasi maka pertimbangan potensi keuntungan risiko cukup menjadi dasar dalam membuat keputusan.

Kembali kepada tujuan utama investasi dana pensiun sebagai jaminan keamanan finansial di masa depan maka menggunakan strategi yang tepat sesuai dengan profil risiko adalah keputusan seorang investor yang bijaksana. Pada akhirnya jawaban mungkin dan tidak kembali ke keputusan investor itu sendiri.










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung