Pensiun dengan Kripto: Investasi Masa Depan yang Menjanjikan?

Pensiun dengan Kripto: Investasi Masa Depan yang Aman? (Sumber: freepik.com oleh frimufilms)

Pensiun dengan Kripto: Investasi Masa Depan yang Aman? (Sumber: freepik.com oleh frimufilms)

Like

Cryptocurrency atau banyak dikenal orang dengan sebutan kripto. Dalam beberapa tahun terakhir, aset ini telah menarik banyak perhatian masyarakat.

Kripto memiliki potensi keuntungan sangat tinggi dengan pertumbuhan nilai yang pesat hingga pada tahun 2024 aset kripto naik melijit 354,17% menurut data Bappebti. Melihat peluang tersebut tentu banyak orang-orang berbondong-bondong untuk berinvestasi ke kripto. 

Tapi apakah investasi kripto untuk dana pensiun aman? Apalagi dengan resiko sangat tinggi?


Prospek Investasi Kripto

1. Pertumbuhan Nilai yang Pesat

Pertumbuhan aset pada kripto mengalami kenaikan dan penurunan, pada awal 2017 mulai masa kejayaan aset kripto hingga pada tahun 2021 akhir mengalami penurunan yang tinggi.

Lalu pada tahun 2023-2024 mulai naik hingga mencapai angka yang fantastis, yakni Rp 301,75 triliun melejit 354,17% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu Rp 66,44 triliun.


2. Penerimaan Semakin Tinggi 

Menurut laporan pada news.tokocrypto.com pada 25 Juli 2024, dukungan dari pelaku industri terhadap pasar kripto semakin meningkat tinggi. 


Salah satu pelaku industri pasar kripto yaitu CMO Tokocrypto, Wan Iqbal dan CEO Tokocrypto, Yudhono Rawis mengatakan regulasi pasar kripto semakain naik dana menjanjikan di masa depan. 

"Di Tokocrypto, kami mencatat rata-rata perdagangan harian di bulan Juni mencapai lebih dari US$20 juta, dengan jumlah pengguna melebihi 4 juta. Angka ini mencerminkan antusiasme yang tinggi dan kepercayaan masyarakat terhadap platform kami," jelas Iqbal.


3. Inovasi Masa Depan

Kripto dan teknologi blockchain berkembang dengan cepat, membuka peluang baru. Dengan fleksibilitas yang ada pada kripto memberikan potensi besar di masa depan untuk menciptakan ekosistem keuangan yang lebih terdesentralisasi dan inklusif.