Pensiun dengan Kripto: Investasi Masa Depan yang Menjanjikan?

Like

Risiko dan Tantangan

Kalian sebagai investor pasti sudah tahu bahwa investasi apapun pasti memiliki resiko. Begitu juga dengan kripto, bahkan kripto termasuk investasi dengan resiko tinggi. Ini beberapa resiko dan tantangan yang  akan kalian hadapi ketika memutuskan untuk berinvestasi di sini. 
  1. Fluktuasi harga kripto tergolong extreme: harga kripto bisa naik tinggi hingga 10x lipat begitu juga sebaliknya bisa turun 10x lipat dalam waktu singkat.
  2. Sulit menentukan  valuasi nilai kripto secara fundamental
  3. Ketika kalian salah transfer koin pada kripto, susahnya tidak akan bisa direcover karena tranksaksi dalam kripto tidak bisa dibatalkan. 
 

Cara Memulai Investasi di Kripto

1. Pelajari Aset Kripto

Sebelum kalian terjun untuk berinvestasi pada kripto, kami sarankan untuk mencari tahu dan mempelajari aset kripto secara seksama.

Banyak aset dalam kripto yang bisa kalian pilih untuk dijadikan opsi dalam berinvestasi. Pilih aset yang sesuai untuk mencapai goal dana pensiun kalian. 
 

2. Memilih Exchange yang Terpercaya 

Langkah awal berinvestasi tentunya kalian harus membuka rekening kripto itu dulu, kalian dapat memilih exchange yang terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komidi).

Terdapat pilihan 13 macam exchange diawasi BAPPEBTI yang bisa digunakan.  Seperti TokoCrypto, Indodax, Pintu, Zipmex, dan Binance. 

 

3. Memiliki Rencana Jangka Panjang Dana untuk Pensiun

Hitung semua sesuai rencana jangka panjang untuk mencapai goal pensiun yang kalian inginkan dari dana yang akan digunakan, waktu yang tersedia. Tentukan semua dengan matang dan hindari tergoda untuk melakukan perdagangan jangka pendek yang berisiko tinggi.
 

4. Diversifikasi Investasi

Dalam investasi, termasuk kripto, diversifikasi sangat penting. Jangan menempatkan semua dana pensiun Anda pada kripto.


Sebaliknya, gabungkan aset tradisional seperti saham, obligasi, atau reksa dana untuk menyeimbangkan risiko dan potensi keuntungan.

Meskipun investasi dalam kripto untuk dana pensiun menawarkan potensi keuntungan yang besar, penting untuk memahami risiko dan melakukan penelitian mendalam sebelum memutuskan untuk memasukkan kripto dalam rencana pensiun Anda.

Diversifikasi portofolio Anda dan mematuhi perubahan undang-undang adalah langkah penting untuk mengelola investasi kripto Anda dengan bijak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda merencanakan masa depan keuangan Anda. Selamat berinvestasi!







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung