Teruntuk Pasangan Muda, Begini Atur Keuangan Rumah Tangga

Memasuki awal pernikahan penting untuk memiliki budgeting yang transparan untuk seluruh pasangan (Foto. Freepik.com)

Memasuki awal pernikahan penting untuk memiliki budgeting yang transparan untuk seluruh pasangan (Foto. Freepik.com)

Like

Pernikahan menjadi awal dari perjalanan hidup yang baru, setelah memasuki kehidupan pernikahan, bukan lagi hanya berbagi cinta melainkan harus terus bersama-sama menjalani kehidupan, salah satunya dalam hal menagtur keuangan.

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi pasangan yang baru menikah. Teruntuk istri menjadi challenge tersendiri ketika mengatur uang bulanan. 

Mengatur keuangan dalam rumah tangga harus dilakukan dengan bijaksana karena hal tersebut adalah kunci untuk menjadikan pernikahan yang lebih bahagia dan harmonis. 

Pasangan yang baru menikah harus dengan bijak dalam mengelola keuangan, karena keuangan yang sehat akan membantu menciotakan keharmonisan dalam sebuah rumah tangga. Maka dari itu, simak tips mengatur keuangan terutama bagi pasangan muda.
 

Anggaran bersama

Setiap pasangan perlu membuat anggaran bersama, agar dapat mengetahui pos-pos dimana harus berhemat atau mengalokasikan sesuai dengan kebutuhan.Dalam membuat anggaran, lebih cocok dilakukan pembagian menjadi bermacam-macam pos seperti budget makan, tabungan, hiburan dan sebagainya.  Langkah inu perlu dilakukan supaya mencegah konflik serta memberikan gambaran finansial yang jelas.
 

Pembagian tanggung jawab keuangan

Pasangan harus menentukan peran serta tanggung jawab dalam manajemen keuangan keluarga. Buatlah kesepakatan dengan pasangan untuk mennetukan pihak yang mengelola keuangan, apabila istri memiliki pekerjaan bisa ditanggung berdua terkait pengeluaran. MIsalnya suami menanggung biaya listri, air, belanja bulanan serta pendidikan anak, maka seorang istri menanggung asuransi atau hiburan.