Menangani Dampak Negatif Fast Fashion, Yuk Terapkan 3 Cara Ini!

Ilustrasi fast fashion (Sumber gambar : pexels.com/MART PRODUCTION)

Ilustrasi fast fashion (Sumber gambar : pexels.com/MART PRODUCTION)

Like

Fast fashion adalah sistem produksi pakaian yang cepat dan murah. Biasanya fast fashion memiliki siklus koleksi yang sangat cepat.

Fast fashion sendiri juga memiliki sisi gelap, seperti isu tentang dampak negatif terhadap lingkungan. Tidak dapat dipungkiri proses produksi dari fast fashion yang cukup cepat dan sering akan menambah jumlah polusi, baik polusi udara dan air.

Seperti diketahui saat ini isu lingkungan merupakan isu yang amat sensitif, sebagaimana beberapa gaya hidup berkelanjutan yang saat ini sedang trend, sustainable fashion juga diharapkan dapat diterapkan. Selain isu lingkungan, isu eksploitasi buruh garmen karena fast fashion saat ini juga mulai terdengar.


Menangani Dampak Negatif Fast Fashion

Lalu bagaimana kita bisa mengurangi dampak negatif dari fast fashion, berikut 3 tips yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari :  

1. Sewa pakaian

Sewa pakaian saat ini merupakan hal yang sudah umum dilakukan. Banyak tempat persewaan pakaian tersedia saat ini, baik pakaian formal maupun non formal.

Baca Juga: Deretan Bisnis Unik Ini Bikin Melongo: Dari Cek Khodam hingga Joki Strava

Hal itu memudahkan kita ketika membutuhkan pakaian yang mungkin hanya akan dipakai sekali saja atau akan sangat jarang kita pakai.


Banyak keuntungan yang didapat dengan menyewa baju, seperti tidak perlu memikirkan tempat ekstra untuk penyimpanan dan tentu saja dari segi finansial akan menghemat uang kita.