Daycare Bermasalah, Bagaimana Peran Pemerintah dan Orang Tua?

Daycare solusi utama orang tua menitipkan anak (sumber gambar: freepik.com)

Daycare solusi utama orang tua menitipkan anak (sumber gambar: freepik.com)

Like

Beberapa waktu lalu kita mendengar telah terjadi penganiayaan keji terhadap anak balita dibawah umur. Dan kejadian tersebut terjadi di tempat penitipan anak atau daycare.

Parahnya telah diketahui bahwa pelakunya merupakan pemilik daycare tersebut ditambah lagi pelakunya merupakan seorang praktisi parenting.

Sungguh di luar nalar, seorang praktisi parenting melakukan kekerasan terhadap seorang balita yang tidak bisa membela dirinya. Hal ini baru terungkap setelah para guru dan karyawan daycare tersebut bertindak dengan memeriksa CCTV.

Berdasarkan informasi yang beredar, pelaku tidak hanya menganiaya satu orang anak diduga ada anak lain yang menjadi korban.

Baca Juga: Daycare Tak Lagi Aman, Orang Tua Harus Apa?
 
Daycare menjadi solusi bagi orang tua yang bekerja penuh waktu sehingga tidak memiliki waktu dan orang yang dipercaya untuk menjaga dan merawat anaknya selama mereka pergi bekerja.


Akibat kejadian ini banyak orang tua yang melakukan evaluasi ulang terhadap daycare  dan bahkan ada yang menarik anaknya dari daycare.

Jika terjadi secara masif mungkin akan banyak daycare yang akan kehilangan anak asuh dan pada akhirnya gulung tikar, banyak orang tua yang juga memilih untuk berhenti dari pekerjaannya dan mengasuh anaknya sendiri. Akibatnya tentu saja terjadi kemunduran ekonomi. Siapa yang harus bertanggung jawab? Tentu saja Pemerintah.