Burnout? Atasi dengan 5 Strategi Jitu Menjaga Kesehatan Mental di Kantor

Like

5 Strategi Jitu Menjaga Kesehatan Mental di Kantor

Untuk mengantisipasi agar kamu jangan sampai mengalami burnout, kamu bisa melakukan beberapa tips jitu ini. 

1. Kelola Waktu dengan Baik

Buat jadwal yang realistis dan prioritaskan tugas-tugas yang penting. Ambil istirahat sejenak setiap satu jam sekali untuk meregangkan otot dan menjernihkan pikiran. Hindari menunda-nunda pekerjaan.


2. Jalin Relasi yang Baik

Terkadang, menjalin hubungan relasi ini bisa mengurangi rasa burnout lho! Karena, kamu bisa sharing tentang pekerjaan atau bisa melakukan hobi yang sama bersama rekan kerja. Hal ini pun tak menutup kemungkinan ya guys.

Selain itu, jangan ragu untuk meminta bantuan jika kamu membutuhkannya. Cari mentor atau teman diskusi untuk berbagi masalah.
 

3. Latih Manajemen Stres

Ternyata ada beberapa trik lho untuk mengontrol rasa stress yang kamu rasakan. Kamu bisa melakukan beragam cara seperti meditasi, pernapasan dalam, dan yoga.

Selain itu, kamu juga harus melakukan kegiatan fisik seperti berjalan di sekitar rumah, atau berkeliling di mall pun juga termasuk melatih fisik. Jangan lupa untuk mencoba hobi baru untuk mengalihkan pikiran.

Baca Juga: Anti Burnout, Cara Menjaga Kesehatan Mental Karyawan di Kantor!
 

4. Perhatikan Keseimbangan Hidup

Luangkan waktu untuk keluarga dan teman. Istirahat yang cukup setiap malam. Makan makanan sehat dan bergizi.

 

5. Bicara dengan Atasan

Jika kamu merasa beban kerja terlalu berat, bicarakan dengan atasanmu. Cari solusi bersama untuk mengurangi stres kerja.

 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. 
Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, kamu dapat mencegah dan mengatasi burnout. 

Ingat, kesehatan mental adalah investasi jangka panjang yang akan membantumu meraih kesuksesan dalam karier dan kehidupan pribadi.

#Mon-Friday Kemerdekaan






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung