10 Cara Menciptakan Kesehatan Mental di Tempat Kerja yang Bisa Kamu Terapkan!

Cara menciptakan kesehatan mental di tempat kerja yang bisa kamu terapkan freepik-smiling=young-call-center-girl-wearing-headset-sitting-desk-showing-emp

Cara menciptakan kesehatan mental di tempat kerja yang bisa kamu terapkan freepik-smiling=young-call-center-girl-wearing-headset-sitting-desk-showing-emp

Like

Tuntutan pekerjaan yang makin tinggi, kompetisi untuk mendapatkan pekerjaan baru, suasana kantor penuh dengan konflik antar teman atau kolega bahkan dengan atasan membuat pekerja makin banyak yang alami stres dan depresi.   

Kesehatan mental yang baik di tempat kerja adalah kunci untuk produktivitas dan kepuasan kerja. Namun, berbagai faktor dapat memengaruhi kesehatan mental, seperti stres, beban kerja yang berlebihan, dan kurangnya keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Apabila kita tidak menjaga kesehatan mental di tempat kerja, akibatnya produktivitas kita akan menurun, biaya kesehatan akan tinggi, bahkan menurunnya performa kerja yang selanjutnya tidak ada kenaikan gaji.  Untuk itu perlu hindari sakit mental di tempat kerja.



10 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja


1. Diskusikan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Mulailah dengan membuka dialog tentang kesehatan mental. Diskusi terbuka dapat mengurangi stigma negatif dan membantu karyawan merasa lebih nyaman dalam berbagi pengalaman serta mencari dukungan.

Baca Juga: Punya Masalah Mental di Tempat Kerja, Gimana Cara Ngatasinnya?

 

2. Kurangi Stigma Negatif

Dorong budaya inklusif yang menganggap kesehatan mental sebagai bagian integral dari kesejahteraan. Edukasikan tim tentang pentingnya kesehatan mental dan tunjukkan bahwa perusahaan mendukung karyawan yang menghadapi tantangan mental.
 

3. Fokus pada Hal Positif

Ciptakan lingkungan kerja yang positif dengan merayakan pencapaian kecil dan memberi umpan balik yang konstruktif. Menekankan hal-hal positif dapat meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja.
 

4. Mengelola Stres

Berikan pelatihan atau workshop tentang teknik mengelola stres seperti mindfulness atau teknik pernapasan. Menciptakan program yang membantu karyawan mengelola stres dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
 

5. Tawarkan Alat untuk Screening Gratis

Sediakan alat atau akses ke screening kesehatan mental secara gratis. Ini dapat membantu karyawan memantau kesehatannya dan mendapatkan bantuan awal sebelum masalah menjadi lebih serius.