Prospek Bitcoin dan 7 Mata Uang Kripto Lain di Bulan Agustus, Potensi Cuan?

Mengamati Pergerakan Bitcoin dan Mata Uang Kripto Lain Pada Agustus 2024 (Foto.Freepik.com)

Mengamati Pergerakan Bitcoin dan Mata Uang Kripto Lain Pada Agustus 2024 (Foto.Freepik.com)

Like

Bitcoin menjadi salah satu jenis mata uang kripto yang diperdagangkan di dunia. Apabila melihat pergerakan harganya sepanjang Agustus 2024, Bitcoin menunjukkan volatilitas yang signifikan.

Bitcoin juga menghadapi penurunan tajam dalam beberapa hari terakhir seiring dengan melemahnya sentimen risiko di pasar global akibat kekhawatiran resesi di Amerika Serikat dan ketegangan geopolitik di Timur Tengah. 

Selain itu, pengaruh negatif juga datang dari penarikan dana besar-besaran dari ETF Bitcoin, yang mencapai $237 juta pada awal Agustus, menandakan kekhawatiran akan potensi pasar bearish baru.

Sebagai mata uang kripto pertama dan paling dikenal, harga Bitcoin sering menjadi acuan di pasar kripto. Namun, selain Bitcoin, ada beberapa jenis mata uang kripto lain dengan karakteristik dan fungsionalitas yang beragam.

Baca Juga: Menyimpan Dana Pensiun dengan Kripto, Mungkin Enggak Sih?


Prospek 7 Mata Uang Kripto Lain di Bulan Agustus

Berikut adalah prospek 7 mata uang kripto lain di Bulan Agustus 2024 yaitu.

Bitcoin (BTC)

BTC pertama kali diperkenalkan oleh sekelompok orang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin sendiri merupakan mata uang kripto pertama yang diciptakan pada tahun 2009. Bitcoin sering disebut sebagai "emas digital" karena kelangkaannya dan potensinya sebagai penyimpan nilai. Pada Agustus 2024, harga Bitcoin menunjukkan volatilitas tinggi, turun sekitar 12,6% ke level $50.827 akibat sentimen pasar global yang negatif.

 

Ethereum (ETH)

Ethereum adalah platform blockchain yang dirancang untuk mendukung kontrak pintar (smart contracts) dan aplikasi terdesentralisasi (dApps). Sesuai dengan namanya Ether (ETH) merupakan mata uang kripto yang digunakan dalam sebuah jaringan yang disebut Ethereum. Pada bulan Agustus 2024, Ethereum juga mengalami penurunan tajam sebesar 17%, mencapai harga $2.221.