Bank Keliling, Cara Kerja dan Dampaknya untuk UMKM

Like

Cara Kerja Bank Keliling

Cara kerja dari bank keliling ini dana yang dipinjamkan ke nasabah berasal dari dana pribadi atau dana yang berhasil dikumpulkan oleh beberapa kelompok untuk dikelola dengan cara dipinjamnkan ke nasabah.

Kehadiran bank keliling ini berperan penting dalam penyaluran dana pada masyarakat. Namun, disisi lain dapat membantu perekonomian masyarakat, tetapi adapula yang berdampak buruk bagi ekonomi masyarakat.

Masyarakat memiiliki kebutuhan hidup yang berbeda, ada yang mampu mencukupi kebutuhannya dengan penghasilannya, bahkan adapula yang tidak dapat mencukupi kebutuhan dengan penghasilannya.

Maka dengan ini masyarakat mencari cara untuk dapat memenuhi kebutuhannya, salah satunya melakukan pinjaman dana di bank keliling.

Faktor utama khususnya bagi masyarakat yang berdagang memutuskan melakukan pinjaman dana pada bank keliling karena digunakan dalam memenuhi usahanya atau sebagai modal usahanya.


Jika dilihat dari kepentingan meminjam dana, peran bank keliling terhadap kesejahteraan masyarakat sangat penting, karena memberikan dana yang diapat digunakan sebagai keperluan dalam usahanya

Baca Juga: Bank Keliling: Begini Kelebihan dan Kerugian Meminjam untuk Modal Usaha

Selain dapat memberikan kesejahteraan bagi usahanya tetapi bank keliling juga dapat menimbulkan masyarakat merasakan keresahan, terkait dalam hal pembayaran angsuran.

Di mana sebagian nasabah kerap mengalami kebangkrutan usaha karena setelah melakukan pinjaman pada bank keliling penghasilan yang didapat mengalami penurunan untuk mencukupi kebutuhannya dan membayar angsuran. Permasalahan seperti ini membuat masyarakat tidak tenang

Jadi, dengan kehadiran bank keliling terhadap kesejahteraan masyarakat belum dikatakan berperan penting, karena bank kelilung hanya berperan sebagai penyedia dana untuk modal usaha masyarakat.

Jika dilihat dari prosedur dalam melakukan peminjaman memang sangat mudah, tetapi memberikan dampak negatif bagi masyarakat karena akan terlibat hutang.

Tetapi bisa saja peran bank keliling memberikan peranan penting bagi perekonomia masyarakat, jika mampu meningkatkan taraf hidup serta tidak adanya penurunan penghasilan bagi masyarakat.












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung