Sebelum Memutuskan Freelance, Gen Z Wajib Tahu Hal Risikonya!

Like

2. Menghambat Inspirasi

Pekerjaan lepas memang biasanya tidak terbatas tempatnya, bisa dikerjakan dimana saja gen Z berada, tetapi yang perlu digarisbawahi, pekerjaan freelance biasanya terkait deadline yang cukup ketat.

Bagi sebagian orang, dikejar deadline semakin sulit memunculkan inspirasi karena menjadi penuh tekanan.
 
 

3. Kurang Terlatih Disiplin

Karena tidak memiliki jam dan hari kerja, kemungkinan besar seorang gen Z semakin kurang terlatih untuk disiplin.

Baca Juga: Freelance vs Fulltime: Pilihan Karier di Era Digital

Pekerja lepas hanya terkait dengan deadline tiap project yang ada sehingga kebiasaan yang menjadikan disiplin kurang didapatkan apabila memilih menjadi freelancer yah, be-emers.
 



4. Menyiapkan Dana Pensiun Sendiri

Bisa dikatakan bahwa secara finansial, pekerja lepas tentu tidak kalah dengan pekerja penuh waktu. Semakin banyak project yang bisa diselesaikan semakin tinggi hasil yang didapatkan, bahkan bisa jauh melebihi yang didapatkan pekerja penuh waktu.

Akan tetapi, risiko seorang pekerja lepas, biasanya tidak memiliki jaminan sosial seperti yang didapatkan oleh seorang karyawan atau pegawai.

Sehingga mereka harus pandai mengatur pemasukan mereka termasuk perihal dana pensiun mereka.

Demikian empat hal yang wajib diwaspadai oleh gen Z saat memutuskan untuk menjadi freelancer. Meskipun demikian terlihat seperti kelemehan, menjadi freelancer juga memiliki segudang kelebihan, seperti fleksibilitas waktu dan tempat bekerja, mampu menghasilkan income yang unlimited bahkan impian untuk pensiun dini atau freedom finansial bisa lebih cepat diperoleh.

Jadi, bagaimana be-emers yang gen Z, tertarik untuk menjadi pekerja lepas?






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung