Menyiapkan Dana Darurat untuk Generasi Sandwich, Ini Tips dan Triknya!

Like

Be-emers, menjadi sandwich generation mungkin bukan kemauan kita. Namun, kita juga tidak bisa lari melepaskan diri dari keadaan ini.

Maka dari itu sikap terbaik adalah dengan menjadi sandwich generation yang sehat secara fisik, mental dan keuangan tentunya. Berikut beberapa sikap terbaik yang dapat diambil:


1. Kelola Keuangan dengan Bijak

Bagaimana mengelola keuangan telah dipaparkan di atas.
 

2. Komunikasi Terbuka

Untuk memperoleh dukungan dan pengertian, bicarakan dengan keluarga mengenai kondisi Be-emers.
 

3. Prioritaskan Kesehatan Diri

Sebagai tulang punggung dan harus merawat orang lain, maka diri kita harus tetap dalam kondisi prima. Pastikan untuk menjaga kesehatan sendiri dengana pola makan sehat, berolahraga, dan mengambil waktu untuk diri sendiri guna menghindari kelelahan fisik dan mental.
 

4. Minta dan Terima Bantuan

Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan dari saudara, pasangan, atau layanan profesional. Berbagi tanggung jawab bisa meringankan beban kita.
 

5. Atur Waktu dengan Baik

Penting bagi Be-emers sebagai sandwich generation untuk bisa membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, dan perawatan orang tua. Agar tidak kesulitan, buatlah jadwal yang terstruktur dan tetap fleksibel jika ada hal-hal mendesak yang muncul.

Baca Juga: Tips Mencapai Financial untuk Generasi Sandwich, Yuk Terapkan!

 

6. Tetapkan Batasan

Buatlah batasan yang jelas tentang apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan antara tanggung jawab dan kesejahteraan pribadi. Sehingga semua bisa terkendali.
 

7. Cari Dukungan Emosional

Tidak ada daun yang sendirian, begitu juga dengan manusia. Jangan merasa bahwa semua harus dihadapi sendirian. Cobalah bergabung dengan kelompok dukungan atau berbicara dengan teman yang mengalami hal serupa. Hal ini bisa membantu meringankan beban perasaan jika ada yang mendengar dan memahami.

Menjalani peran sebagai sandwich generation memang tidak mudah. Namun, semua hal berat akan terasa ringan dan mudah jika kita kuat, yakin serta ikhlas. Teruslsh berikhtiar dengan menjaga keuangan, kesehatan fisik dan mental. 

Percayalah beban tanggung jawab besar di pundak Be-emers sebagai sandwich generation bukan suatu penderita. Namun, karena Be-emers adalah seseorang sepesial yang dipilih Tuhan sebagai jalan rezeki untuk orang lain.

Masalah bukan untuk dihindari dan dirutuki tetapi untuk dihadapi agar menjadi manusia yang lebih baik. Tetap jaga kesejahteraan pribadi serta keluarga Be-emers agar semua berjalan dengan mudah.

#Mon-fridaykemerdekaan

















----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung