7 Cara Paling Ampuh Ngatur Keuangan Bareng Pasangan Muda!

Like

4. Hindari Utang atau Pinjaman

Utang yang dimaksud di sini adalah utang konsumtif!
Kalau kamu udah terlanjur punya utang, mulai kurangi hal tersebut. Enggak cuma itu, sebagai pasangan kamu juga harus bisa mengatur penggunaan paylater atau kartu kredit. 

Jangan sampai kamu pakai CC atau paylater buat beli barang-barang yang enggak penting.
 

5. Sisihkan Dana Darurat

Masih banyak pasangan yang suka nyepelein dana darurat. Mereka pikir hal ini enggak terlalu penting buat kehidupannya.

Hmm, padahal keadaan mendesak sering terjadi. Misalnya, kecelakaan motor, kerusakan pada beberapa bagian di rumah, sampai penyakit yang membutuhkan dana yang cukup besar.

Jangan sampai kamu harus memakai tabungan buat hal kayak gini ya!
 

6. Mulai Investasi Bersama

Buat sebagian orang awam, pasti lebih milih buat nabung dari pada investasi, karena takut ngerasa rugi atau ngadepin risiko-risiko lainnya.


Padahal, kamu bisa mulai dengan dari investasi reksa dana! Risiko yang dihadapi jauh lebih kecil dan kamu bisa dapetin keuntungan. Apalagi kalau kamu dan pasangan udah tau strategi dan tips-tips investasi.
 

7. Belajar Mengelola Keuangan dengan Baik

Belajar mengatur keuangan bertujuan untuk mencapai financial freedom. Hal ini harus dilakukan dengan cara yang baik dan tidak menyulitkanmu dan pasangan. Dengan terus belajar kamu akan lebih mudah memahami flow keuangan setiap bulannya.

Kamu bisa belajar melalui berbagai sumber, salah satunya kamu bisa mengikuti Kelas Keuangan Pasangan Muda di Bisnis Muda Academy

 

Kelas Finansial (Sumber: Bisnis Muda Academy)

Kelas Finansial (Sumber Gambar: Bisnis Muda Academy)