Mitigasi Bencana dan Persiapan Dana Darurat, Bagaimana Cara Menyiapkannya?

Kerusakan Bangunan akibat bencana alam (sumber gambar: freerange.com)

Kerusakan Bangunan akibat bencana alam (sumber gambar: freerange.com)

Like

Siapa sih yang mau terkena bencana alam? Namanya juga bencana pastinya terjadi mendadak dan tidak diinginkan sama sekali.

Bencana alam tidak dapat kita tebak kapan dan dimana akan terjadi. Kita memang tidak bisa mengantisipasi kapan dan dimana bencana terjadi namun untuk langkah persiapan untuk meminimalisir atau bahkan mencegah kerugian yang lebih besar kita perlu yang namanya Mitigasi Bencana.
 

Mitigasi Bencana Alam, Bagaimana Prakteknya?

Apa sih itu Mitigasi Bencana? Dapat diringkas jika mitigasi bencana adalah upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak atau resiko bencana.

Dana darurat adalah salah satu bentuk mitigasi bencana. Dana darurat ini merupakan harapan untuk bangkit dan mengatasi jika dirimu terkena bencana alam.

Kamu tidak bisa terlalu mengandalkan orang lain saat terjadi bencana alam. Kamu tidak bisa terlalu berharap mendapatkan banyak bantuan dari pemerintah atau orang lain.

Baca Juga: Perencanaan Keuangan untuk Bencana Megathrust: Berapa Dana Darurat yang Harus Dimiliki?


Dana darurat ini dapat kamu gunakan untuk memulai dan membangun kembali roda kehidupan. Dana darurat adalah modal kamu.

Dampak dari bencana alam ini sangat banyak sekali mulai dari kehilangan anggota keluarga, kehilangan rumah dan harta benda.

Seakan-akan bencana alam menelan semua harapan untuk hidup. Bencana alam mengubah hidup banyak orang dalam satu hari.

Bencana alam terparah yang pernah terjadi di Indonesia antara lain Tsunami di Aceh, letusan gunung Merapi di Yogyakarta dan Gempa di Palu.