Mitigasi Bencana dan Persiapan Dana Darurat, Bagaimana Cara Menyiapkannya?

Like

Bagaimana Menyiapkan Dana Darurat untuk Bencana Alam?

Berapa dana darurat yang kamu butuhkan kira-kira untuk bangkit dari resiko bencana alam? Apakah tak terhingga atau dapat kamu ukur?

Itu semua dapat kamu analisa dan kenali sejauh mana kebutuhan dan keinginan hidup kamu. Jika targetmu setelah bencana alam adalah memiliki tanah atau property maka kamu membutuhkan dana darurat yang sangat besar jumlahnya.

Namun dana darurat bukanlah untuk itu melainkan untuk kamu bertahan hidup dan memutar kembali dana darurat menjadi pendapatan pasif atau pendapatan aktif.

Baca juga: Udah Siap Gempa Megathrust? Segini Dana Darurat yang Mesti Kamu Siapkan!

Dana darurat dapat kamu gunakan untuk menopang hidup selama beberapa bulan setelah bencana alam tersebut tidak terjadi lagi dalam waktu dekat.


Dana darurat bukan soal banyak atau sedikit melainkan soal kesiapan kamu dalam menyusunnya.
Dana darurat akan lebih baik jika kamu simpan di satu tempat atau satu jenis.

Jika untuk menghindari bencana alam maka dana darurat akan lebih baik disiapkan tidak dalam bentuk fisik seperti uang cash, emas fisik dan atau surat berharga.

Melainkan dana darurat dapat kamu simpan dalam bentuk tabungan emas di bank atau pegadaian, reksadana dan atau tabungan di bank.

Hal ini untuk menjaga dana darurat tersebut ditambah mudah untuk dilakukan pencairan saat dibutuhkan. Terlebih ketika terjadi bencana alam mungkin perbankan akan berhenti untuk sementara waktu.










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung