Pengin Bisa Financial Freedom Sebelum Umur 30? Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Mencapai financial freedom sebelum umur 30 sangatlah membahagiakan, berikut tips yang bisa kamu coba sumber gambar freepik

Mencapai financial freedom sebelum umur 30 sangatlah membahagiakan, berikut tips yang bisa kamu coba sumber gambar freepik

Like
Be-emers, pernahkah membayangkan mencapai finansial freedom sebelum usia 30?
 
Bagi saya pribadi hal tersebut sangat mungkin terjadi. Finansial freedom tersebut bukan hanya tentang seberapa banyak uang yang dimiliki tetapi bagaimana kita memandang uang dan bagaimana cara menggunakannya.
 
Sebanyak apapun penghasilan yang didapat, finansial freedom tidak akan pernah tercapai jika telah salah dari awal dalam memandang dan menggunakan uang.
 
Hal yang paling dasar untuk mencapai Finansial freedom adalah disiplin dan perencanaan yang matang. Dimana keduanya telah mendarah daging menjadi kebiasaan dan gaya hidup.
 
Bicara tentang disiplin merupakan sebuah aturan yang ketat dan mengekang. Namun, sebuah kedisplinan yang telah menjadi kebiasaan justru akan membuat seseorang merasa bebas tanpa beban.

Maka dari itu seseorang yang terbiasa menerapkan metode 20: 80 sangat mungkin untuk mencapai Finansial freedom di usia muda.

Karena ia tidak pernah membelanjakan uangnya melebihi kemampuannya. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh Surya Insomnia. Tentunya Be-emers, tahu betul siapa artis ini bukan? Artis sekaligus pelawak ini tidak mempunyai cicilan sama sekali dalam hidupnya. Namun ia bahagia dengan hidupnya.


Mencapai Financial Freedom dengan Teknik 20:80

Lantas bagaimana cara menerapkan hidup 20:80 yaitu 20 untuk hidup dan 80 untuk simpanan dan investasi. Berikut langkah-langkahnya:
 

1. Mengedepankan Saving daripada Playing

Sering kali kita hanya fokus pada bagaimana cara menikmati uang yang kita peroleh, tanpa memikirkan bagaimana cara menyimpannya. Namun, untuk mencapai financial freedom, kita harus mulai mengubah pola pikir ini. 
 
Prioritaskan menabung daripada membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Maka setiap kali menerima penghasilan, segera sisihkan 80% untuk tabungan dan investasi. Dengan cara ini, kita akan terbiasa untuk selalu menyimpan sebagian besar pendapatan.
 
 

2. Buat Anggaran dan Patuhi dengan Ketat

Anggaran merupakan alat penting untuk mencapai tujuan financial freedom. Karena anggaran, dapat mengontrol pengeluaran dan memastikan bahwa kita tidak melebihi batas yang telah ditetapkan. 
 
Kita bisa memulai hal tersebut dengan membuat daftar semua pengeluaran bulanan. Hal ini termasuk kebutuhan pokok seperti makanan, transportasi, dan tagihan. Setelah itu, alokasikan 20 persen dari penghasilan untuk menutupi semua pengeluaran ini. Kemudian, 80%, harus langsung dimasukkan ke dalam tabungan atau investasi.
 
 

3. Hindari Hutang Konsumtif

Seseorang yang ingin mencapai finansial freedom tidak akan mengenal hutang konsumtif dalam hidupnya. Meskipun terdengar mustahil hal itu sangat mungkin karena terbangun dari kebiasaan hidupnya sejak awal.