Pengin Bisa Financial Freedom Sebelum Umur 30? Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Like

4. Investasi yang Bijak

Mendiamkan uang di tabungan tidak cukup untuk mencapai financial freedom. Kita harus menginvestasikan sebagian dari penghasilan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa depan.

Maka dari itu pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko. Seperti saham, obligasi, atau reksa dana. Lakukan riset sebelum berinvestasi dan jangan takut untuk mencari saran dari ahli keuangan.

 

5. Perbaiki Mindset tentang Uang

Salah satu kunci dasar untuk mencapai financial freedom adalah memiliki mindset yang tepat tentang uang. Uang bukanlah tujuan akhir, melainkan alat untuk mencapai tujuan-tujuan hidup. Maka dari itu jangan biarkan uang mengendalikan kehidupan kita.

Akan tetapi sebaliknya kita yang harus mengendalikan uang yang kita miliki. Dengan mindset uang yang benar kita akan lebih bijak dalam mengambil keputusan keuangan.

 

6. Bangun Sumber Penghasilan Pasif atau pasif income 

Tentunya Be-emers tidak asing bukan dengan istilah pasif income. Jadi selain menabung dan berinvestasi, membangun sumber penghasilan pasif juga merupakan langkah penting dalam mencapai financial freedom.


Baca Juga: Mengelola Dana Darurat untuk Generasi Sandwich, Begini Caranya?

Penghasilan pasif bisa berupa dividen dari investasi, royalti dari karya, atau pendapatan dari bisnis sampingan. Dengan adanya penghasilan pasif, kita tidak perlu bergantung sepenuhnya pada penghasilan aktif, sehingga kita bisa lebih cepat mencapai kebebasan finansial

 

7. Menjaga Keseimbangan Hidup

Dalam perjalanan menuju financial freedom menjaga keseimbangan hidup adalah hal penting. Menerapkan 20 80 bukan berarti hidup super irit.

Namun, bagaimana dengan 20% kita sudah menikmati hidup dengan bahagia. Keseimbangan antara bekerja dan menikmati hasilnya adalah kunci untuk mencapai kebahagiaan dan financial freedom.

 

8. Bekerja bukan untuk uang tetapi uang bekerja untuk kita

Konsep keuangan bekerja bukan untuk uang tetapi uang bekerja untuk kita maksudnya adalah membangun aset yang bisa menghasilkan pendapatan pasif. Sehingga pada akhirnya uang bisa "bekerja" untuk kita. 

Maka dari itu kita harus memiliki aset yang dapat menghasilkan pendapatan tanpa harus selalu menukar waktu dengan uang. Contohnya adalah dengan memiliki investasi di saham, properti, bisnis, atau instrumen keuangan lainnya yang menghasilkan keuntungan atau dividen.

Dengan memiliki sumber pendapatan pasif, kita bisa mencapai kebebasan finansial lebih cepat, sehingga tidak selalu bergantung pada pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Be-emers, mencapai finansial freedom bukanlah sesuatu yang mustahil jika kita terbiasa hidup dengan 20 80. Maka dari itu jangan biarkan uang mengendalikan kehidupan kita. Namun, kita yang seharusnya mengendalikan uang yang kita miliki.

Dengan demikian kita akan merasakan kebebasan yang sejati. Bebas dari kekhawatiran finansial, bebas untuk mengejar impian, dan bebas untuk hidup sesuai dengan apa yang kita inginkan. 

#Mon-fridayKemerdekaan





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung