5 Teknik SEO Sederhana yang Sering Dilupakan Padahal Ampuh Banget Buat Naikin Performa Website!

Teknik SEO Sederhana dan Ampuh Tapi Sering Terlupakan (Sumber gambar: Freepik.com)

Teknik SEO Sederhana dan Ampuh Tapi Sering Terlupakan (Sumber gambar: Freepik.com)

Like

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama search engine, melalui keyword tertentu yang ditargetkan.

Ilmu ini diterapkan pada search engine terpopuler di dunia, yakni Google. SEO sering diterapkan sebagai bagian dari strategi digital marketing. Hal ini wajar mengingat SEO mampu menawarkan pebisnis banyak keuntungan.

Satu di antara banyak manfaat tersebut adalah SEO yang mampu memberikan Return on Investment maksimal dengan biaya yang minimal.

Ya, terlebih lagi jika kita coba bandingkan dengan biaya yang diperlukan untuk SEM (Search Engine Marketing) seperti Google Ads.

Di dalam proses menerapkan SEO sebagai strategi digital marketing, kamu akan mempelajari banyak hal penting.


Salah satunya adalah mempelajari 4 metode SEO utama yakni On-Page SEO, Off-Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO. 

Masing-masing metode ini, memiliki banyak teknik penerapannya masing-masing. Saking banyaknya, ada beberapa teknik SEO sederhana yang terlupakan, padahal memiliki dampak yang cukup besar untuk membantu website perform.

5 di antara teknik SEO sederhana tersebut, akan mimin kupas lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.

1. Menentukan Keyword Utama Sebelum Konten Artikel Ditulis

Teknik SEO sederhana dan ampuh tapi sering dilupakan yang pertama adalah menentukan keyword utama sebelum konten artikel ditulis.

Ya, kebanyakan pemula di bidang SEO lebih memilih untuk menentukan keyword utama setelah konten artikel selesai ditulis.

Baca Juga: Perundungan Mahasiswa PPDS, Bagaimana Cara Efektif untuk Menghentikannya?

Kamu tentu saja akan kesulitan menentukan keyword manakah yang cocok jadi target utama. Beda halnya ketika kamu sudah menentukan keyword tertentu untuk jadi target utama.

Di mana proses penulisan konten akan jauh lebih cepat dan juga tertarget. Pembahasan di dalam konten tersebut pun jadi tidak mengambang.



2. Tidak Mengubah URL Konten

Kedua adalah dengan tidak mengubah URL konten. Ya, kebanyakan pemula di bidang SEO hanya menggunakan keyword default hasil dari sistem platform websitenya.

Apabila platform website menggunakan judul yang panjang sebagai URL konten, maka tentu saja nilai SEO friendly nya akan berkurang. 

Web crawler akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat memahami struktur kontenmu. Selain nilai SEO friendly yang berkurang, URL yang panjang kurang bersahabat untuk pengunjung itu sendiri.

Sebisa mungkin untuk mengubah URL default konten menjadi lebih pendek, dan di dalamnya terdapat keyword utama konten. Semisal kamu ingin membuat konten tips membuat kue nastar yang enak dan gurih, maka URL kontennya bisa menjadi tips membuat kue nastar.



3. Lupa Mengisi Title, Alt, Description Pada Image

Teknik SEO sederhana dan ampuh tapi sering dilupakan berikutnya adalah mengisi title, alt, dan description pada image yang diupload. 

Padahal, keterangan title, alt, description dapat meningkatkan aksesibilitas konten di mata web crawler. Terkhusus untuk alt dan description, keterangan di bagian ini menjadi sangat vital karena menjadi bagian yang dibaca oleh web crawler saja.

Baca Juga: Jangan Tunggu Melarat, Ini Tips Memiliki Pondasi Keuangan di Usia Muda!

Pengunjung website tidak dapat melihatnya, kecuali website sedang mengalami masalah loading konten. Keterangan di dalamnya akan membantu web crawler lebih mudah memahami relevansi gambar di dalam konten.

Perlu diketahui juga bahwa bahwa teknik SEO sederhana seperti ini, dapat membantu websitemu perform terutama di pencarian gambar atau Image SEO.