Mendaftar Trademark untuk Proteksi Bisnis, Gimana Caranya?

Trademark bukan hanya memvalidasi produk kamu untuk diakui oleh masyarakat, melainkan memberikan perlindungan hukum (Foto.Freepik.com)

Trademark bukan hanya memvalidasi produk kamu untuk diakui oleh masyarakat, melainkan memberikan perlindungan hukum (Foto.Freepik.com)

Like

Sebagai seorang pebisinis tentunya kamu enggak pengin kalau merek dagangmu dipakai orang lain bukan? Salah satu solusinya, kamu bisa melindungi bisnismu dengan mendaftarkannya pada trademark. 

Trademark (merek dagang) adalah simbol, nama, atau identitas sebuah produk yang kamu daftarkan secara resmi pada lembaga pemerintah untuk membedakan produk yang kamu tawarkan dengan kompetitor. 

Trademark memiliki banyak manfaat untuk pelaku bisnis. Manfaat utamanya adalah memberikan perlindungan secara sah di mata hukum terhadap produk yang didaftarkan agar tidak dirusak, ditiru, ataupun diakui oleh produk serupa (kompetitor). 

 

Siapa yang Harus Mendaftarkan Trademark (Merek Dagang)?

Bisnisku masih kecil, untuk apa mendaftar trademark? Pertanyaan ini kerap muncul bagi pelaku bisnis UMKM atau bagi mereka yang baru ingin memulai bisnis. 

Lantas, siapa sih yang perlu mendaftarkan trademark? Seluruh pelaku bisnis baik UMKM, mereka yang baru memulai bisnis, hingga yang sudah berskala makro wajib untuk mendaftarkan merek dagangnya (trademark). 


Kembali pada pernyataan sebelumnya, bahwa trademark memiliki manfaat untuk memberikan jaminan hukum dan perlindungan terhadap produk yang didaftarkan. 

Oleh karena itu, yuk meskipun bisnismu masih merintis segera daftarkan trademark (merek dagangnya). 

 

Manfaat Trademark Selain Jaminan Hukum

Pernah dengar kasus sengketa merek dagang, misalnya sengketa merek dagang geprek bensu? Tentunya, ini bakal bikin pusing pelaku bisnis. Bukan cuma pusing, kamu harus merogeh budget yang cukup besar jika kasus ini harus sampai di bawa ke meja hijau. 

Berbeda cerita jika kamu sudah mendaftarkan merek dagangmu secara hukum, Tentunya, meskipun terjadi sengketa kamu yang akan menjadi pemenangnya. 

Berikut adalah manfaat lain trademark selain jaminan hukum yang bakal kamu dapatkan:

1. Lebih dekat dengan Customer

Ketika kamu sudah mempatenkan merek dagangmu, kamu akan jadi 1 langkah lebih dekat dengan customer, Pasalnya, customer akan lebih mengenal produk yang kamu tawarkan. Gunakanlah nama, logo, dan desain yang mudah diingat oleh pelanggan. 
 

2. Meningkatkan Kredibilitas

Ketika brand kamu sudah terdaftar dan memiliki payung hukum yang jelas, secara tidak langsung hal ini juga meningkatkan kredibilitas produk kamu lho, be-emers! Pasalnya untuk lolos menjadi brand yang mendapatkan label trademark perlu proses seleksi yang cukup ketat. 
 

3. Aset Tambahan

Jangan salah, merek dagang yang sudah paten itu memiliki nilai yang bisa jadi nilai tambah lho be-emers! Misalnya, kamu menciptakan sebuah logo, tagline, ataupun lagu akan memiliki nilai jual yang tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Umumnya, ketika mereka ingin menggunakan maka harus membayar dengan biaya tertentu. Alhasil, inilah yang mampu mendatangkan pundi-pundi tambahan untuk bisnismu.