Bangun Personal Branding dengan Cara Unik ala Pandji, Wajib Kamu Coba!

menciptakan persona untuk membangun kepercayaan (sumber gambar: foto pribadi)

menciptakan persona untuk membangun kepercayaan (sumber gambar: foto pribadi)

Like

Hari libur kemarin saya habiskan di warung kopi dekat kosan. Bikin live report sambil dengerin podcast Pandji Pragiwaksono.

Dia membagikan pengalamannya menjadi seorang komika yang sukses seperti saat ini.

Satu hal menariknya adalah fansnya Pandji rela membeli tiket tournya sejak satu tahun sebelum even itu dilakukan.

Ketika ditanya apa yang membuat mereka yakin untuk membeli tiket shownya adalah ia meyakini Pandji akan tetap mengadakan even itu dan shownya pasti lucu.

Kemampuan Pandji menciptakan kepercayaan pada fansnya melalui persona (merk) yang diciptakan bisa menyihir fansnya mengeluarkan budget untuk menonton tour standupnya.


Tentunya membetuk persona yang kuat dan dapat kepercayaan semacam itu butuh waktu jangka panjang sekaligus usaha yang persisten. Ibarat seekor domba yang berjalan gagah dihadapan sekawanan singa.

Baca Juga: 5 Skill yang jadi Modal untuk Berkarir sebagai Freelancer

Analogi yang sama bisa dilakukan sama kamu yang saat ini jadi karyawan di suatu perusahaan. Berlomba mendapatkan promosi, jadi karyawan berprestasi dan keinginan untuk selalu dimention oleh atasan. Itu wajar saja.
 

Membentuk Persona Unik ala Pandji

Menurut Pandji diantara cara membentuk persona yang unik diantaranya :

1. Sedikit berbeda lebih baik ketimbang sedikit lebih baik

Sedikit berbeda yang dimaksud bukan berarti kamu harus berbuat suatu hal diluar norma. Melainkan kamu bisa membuat konten atau ide yang kreatif dan menarik.

Misalnya biar kamu jadi orang berbeda di kantor kamu harus bisa mengerjakan tugas dengan lebih efektif daripada yang lain. Bisa diukur menggunakan penjualan atau deadline selesai lebih cepat.