Trademark jadi Alat Pelindung Bisnis, Gimana Caranya?

Trademark bermanfaat sebagai pelindung bisnis, ini alasannya Sumber Gambar : Freepik

Trademark bermanfaat sebagai pelindung bisnis, ini alasannya Sumber Gambar : Freepik

Like

Salah satu dari bentuk hak kekayaan yang sangat penting dalam bisnis adalah trademark. Apa itu trademark?

Trademark merupakan simbol, logo, kata , gambar, desain dari elemen-elemen tersebut digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan suatu produk dari satu perusahaan dengan perusahaan lain. 

Trademark ini memiliki fungsi untuk memberikan tanda pengenal yang unik kepada suatu entitas bisnis, sehingga pelanggan dapat mengenali suatu produk dengan mudah.

Jadi tidak heran, mengapa merek dagang ini sangatlah penting dalam dunia bisnis, berikut beberapa alasannya:

Identitas merk

Merk dagang mampu menciptakan identitas yang unik bagi bisnis yang kamu jalani, sehingga konsumen dapat mengenali dan mengingat produk yang ditawarkan.
 

Perlindungan hukum

Dengan mendaftarkan merek dagang maka bisnis anda mendapatkan hak eksklusif untuk menggunakan merek tersebut pada produk tertentu, sehingga melindungi bisnis anda dari penggunaan tanpa izin oleh pihak lain yang akibatnya merusak reputasi pasar.

Baca Juga: Mendaftar Trademark untuk Proteksi Bisnis, Gimana Caranya?

 

Keunggulan

Merek yang dikenal maka produk tersebut diakui serta memberikan keunggulan kompetitif di pasar. Karena konsumen cenderung memilih produk dengan merek yang sudah mereka percayai.
 

Aset bisnis

Merek dagang merupakan aset berharga yang dapat meningkatkan nilai bisnis. Karena bisnis dengan memiliki merek dagang yang kuat dapat menjadi salah satu faktor menarik bagi investor.
 

Terhindar dari pemalsuan

Merk dagang dapat membantu terhindar dari pemalsuan serta penyalahgunaan merek dari pihak lain, yang dapat merugikan bisnis.

Jadi, merek dagang ini bukan sekedar simbol saja melainkan aset strategis dalam keberhasilan bisnis jangka panjang. Karena ini merupakan sesuatu yang apabila hilang atau disalahgunakan, bisa saja sulitu atau tidak mungkin bisa dipulihkan.