5 Langkah Aman Membuat Laporan Keuangan UMKM di Era Digital!

5 Langkah Aman Membuat Laporan Keuangan UMKM di Era Digital (Sumber Gambar: Canva)

Like

Seberapa penting sih laporan keuangan untuk UMKM?

Yap, laporan keuangan jadi salah satu wadah paling penting yang berisi ringkasan tertulis dari semua jenis transaksi keuangan dalam bisnismu dalam kurun waktu hingga periode tertentu. 

Apalagi di era yang serba canggih ini, banyak alat yang bisa menunjang kemudahan dalam pencatatan laporan keuangan.

Laporan keuangan bertujuan untuk mengukur laba rugi, mengevaluasi penggunaan dana, mengetahui pertumbuhan atau penurunan pemasukan dalam bisnis.

Tanpa adanya laporan keuangan, bisnis yang kamu jalani akan berantakan karena arah dan tujuan akan tidak jelas.
 

Langkah Membuat Laporan Keuangan Sederhana UMKM di Era Digital

Ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk membuat laporan keuangan UMKM di era digital:

 

1. Catat Transaksi

Setiap pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis harus dicatat setiap waktunya. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian hingga kesalahan yang nantinya bisa terjadi sewatku-waktu.
 

2. Bandingkan Catatan

Selalu bandingkan secara berkala, catatan keuangan UMKMmu dengan mutasi rekening taua transaksi harian bisnis.

Jika terjadi perbedaan, segera cari penyebabnya agar pencatatan jadi lebih mudah.