Sebenarnya Apa Itu Susu Ikan yang Diusulkan Jadi Pengganti Susu Sapi?

Apa Itu Susu Ikan? - Gambar: Canva

Like

Susu ikan ramai diperbincangkan karena diusulkan jadi alternatif pengganti susu sapi, tepatnya di program makan bergizi gratis yang diusung oleh pasangan presiden dan wakil presiden terpilih 2024.

Tentunya, susu ikan bukan hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Seperti yang kita ketahui, ikan bukanlah mamalia yang menghasilkan susu seperti halnya sapi, kambing, atau bahkan unta.

Jadi, yang dimaksud susu ikan itu apa sih? Apakah ikan sebenarnya bisa menghasilkan susu?

 

Apa Itu Susu Ikan?

Ternyata, susu ikan bukanlah susu yang dihasilkan dari ikan layaknya susu sapi atau susu kambing. Bukan pula susu sapi yang ditambahkan daging ikan.

Nah, dilansir dari laman klikdokter, susu ikan adalah produk protein yang berbasis protein ikan dan diolah menyerupai susu.


Jadi bisa dibilang, susu ikan sama halnya kayak susu kedelai, yang mana produk tersebut merupakan diversifikasi pangan.Ikan sebagai bahan utama diproses melalui teknologi pangan yang nantinya daging ikan akan diambil untuk diekstraksi proteinnya dan menghasilkan Hidrolisat Protein Ikan (HPI).

Nah, HPI itu lah yang bahal jadi bahan baku dari susu ikan. Adapun, lebih tepatnya susu ikan merupakan minuman protein dengan kadar protein tinggi dengan bahan dasar ikan.

Walaupun terbuat dari bahan dasar ikan, susu ikan yang diolah dengan teknologi pangan modern ini disebut tidak memiliki rasa dan bau amis ikan. Sebab, proses ekstraksi protein hanya menggunakan daging ikan saja tanpa tulang dan kulit, sehingga bau amis ikan akan berkurang selama proses tersebut.

Baca Juga: 5 Resep Pudding Susu Coklat Terenak, Kamu Wajib Coba!
 


Keunggulan Susu Ikan Dibanding Susu Sapi

Sebenarnya produk susu ikan ini merupakan produk inovatif karya anak bangsa, lho! Dilansir dari laman Tirto.id, produk susu ikan pertama di Indonesia berasal dari Kabupaten Indramayu dan diluncurkan saat kegiatan “Merdeka Protein” yang diusung Menteri Koperasi dan UKM.

Susu ikan jadi inovasi karena bisa dikonsumsi oleh siapapun yang intoleran dengan susu sapi yang mengandung laktosa. Sebab, dikutip dari Klikdokter, susu ikan ini enggak mengandung laktosa!

Apalagi, ikan dikenal punya kadar protein yang tinggi dan cenderung lebih mudah dicerna oleh tubuh manusia dibanding protein sapi.
 

 

Keunggulan Susu Ikan dibanding Susu Sapi - Gambar: Canva

 

Protein dari ikan juga kaya akan asam lemak omega-3, yang mana baik untuk kesehatan jantung hingga sistem saraf. Sedangkan kandungan protein sapi dalam produk susu justru kebanyakan mengandung lemak jenuh.

Bahkan, dilansir dari Kompas.com, susu murni punya kandungan lemak jenuh yang tinggi hingga 70 persen dari asam lemaknya, lho! Makanya enggak heran, banyak produsen susu sapi yang juga memproduksi susu sapi rendah lemak.