Susu Sapi vs Susu Ikan, Mana yang Lebih Sehat?

Muncul perdebatan, mana yang lebih sehat minum susu ikan atau susu sapi? Sumber Gambar: Pexels

Like

Susu ikan di sebut-sebut menjadi alternatif pengganti susu sapi dalam program makan bergizi gratis. Program ini merupakan salah satu prioritas Presiden dan Wakil Presiden terpilih yaitu Bapak Prabowo-Gibran.

Susu ikan adalah produk inovasi yang digagas oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan bersama KemenKop UKM yang di luncurkan perdana pada Agustus 2023.

Istilah susu ikan sendiri masih belum banyak di ketahui oleh masyarakat. Karena susu ikan sendiri bukan susu dalam arti konvensional.

 

Jadi, Apa itu Susu Ikan?

Susu ikan adalah minuman yang meniru bentuk menyerupai susu sapi. Dilansir dari laman klik dokter meskipun namanya "susu ikan", produk ini sebenarnya tidak berasal dari kelenjar susu seperti susu sapi atau susu kambing pada umumnya, melainkan dari ekstrasi protein ikan, biasanya ikan laut yang kaya omega-3.

Susu ikan dikembangkan sebagai alternatif susu berbasis hewan darat, dengan tujuan untuk memberikan sumber nutrisi yang tinggi, khususnya protein, tanpa harus bergantung pada susu sapi atau produk susu lainnya.


Baca Juga: Viral! Ibu Ngamuk Gara-gara Susu UHT Enggak Dingin
 

Susu Ikan vs Susu Sapi, Mana yang Lebih Sehat?

Saat membandingkan susu ikan dengan susu sapi beberapa faktor yang perlu di perhatikan, terutama dari segi nutrisi, lingkungan, lemak, alergi. Berikut ada beberapa poin perbandingan antara susu ikan dan susu sapi menurut ahlinya:
  • Lingkungan

Memproduksi susu ikan memanfaatkan sumber daya laut, yang dengan pengelolaan yang berkelanjutan, bisa menjadi alternatif yang lebih baik bagi lingkungan sedangkan Industri peternakan sapi sering di beri kritikan karena adanya dampak terhadap perubahan iklim melalui emisi gas etama.
  • Protein

Susu ikan kaya akan dengan protein yang sangat baik untuk memperbaiki jaringan tubuh dan pertumbuhan pada otot. Protein dari ikan cenderung lebih mudah dicerna oleh tubuh manusia daripada susu sapi.