Negosiasi Gaji di Tempat Kerja? Begini Caranya!

Ilustrasi Negosiasi Gaji di Tempat Kerja Sumber Gambar: Freepik

Like

Tahukah kamu kalo banyak dari kandidat terutama bagi yang lulusan baru suka merasa segan untuk negosiasi gaji pas waktu wawancara kerja. Alasannya karena takut ditolak dan menimbulkan kesan buruk di tempat kerja. 

Oleh karena itu, penting menguasai skill negosiasi supaya diskusi tentang ekspektasi gaji bersama HRD tidak canggung dan bisa langsung diproses. 

Negosiasi gaji merupakan diskusi antara pihak pemberi kerja/perusahaan dan kandidat yang umumnya berlangsung saat akhir interview kerja. 

Bukan hanya kandidat yang baru saja biasanya nego gaji juga dilakukan oleh karyawan lama yang menginginkan adanya kenaikan salary, mengikuti beban kerja yang mereka tanggung saat ini. 

Jika kamu sudah bekerja di perusahaan coba ungkapkan mengapa kamu berhak mendapatkan gaji sesuai yang kamu inginkan karena pada dasarnya, negosiasi gaji adalah proses untuk menemukan titik temu antara apa yang kamu harapkan dengan apa yang perusahaan bisa sediakan untuk kamu.


Baca Juga: 6 Strategi Jitu Negosiasi Gaji: Tips Supaya Dapat Gaji Impian

Tujuannya untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan antara kedua belah pihak.


Cara Negosiasi Gaji

Berikut deretan caranya untuk negosiasi gaji:
  • Melakukan riset terlebih dahulu rentang gaji untuk industri perusahaan dan sesuaikan kebutuhanmu selalu bersikap jujur tentang kondisi dan utarakan apa yang kamu ketahui. 
  • Mengenali siapa yang akan mewawancarai kamu, dapat membuka peluang keberhasilan negosiasi gaji.