Mindful Eating, Cara Makan Perlahan yang Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi mindful eating yang manfaatnya banyak untuk kesehatan (Sumber gambar: Canva)

Like

Be-emers, siapa nih yang punya kebiasaan makan dengan terburu-buru seolah-olah sedang dikejar oleh sesuatu? Jika iya, ada baiknya kamu mulai mengubah kebiasaan makan yang seperti itu nih. 

Makan dengan terburu-buru tidak hanya bisa menyebabkan beberapa masalah untuk pencernaan kamu. Selain itu, makan terlalu cepat juga bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik serta resistensi insulin yang nantinya akan berefek pada kesehatan jantung dan juga risiko diabetes tipe 2 meningkat 2,5 kali lipat. 

Selain masalah kesehatan, kebiasaan makan cepat juga cenderung membuat kamu tidak terlalu menikmati cita rasa dari makanan yang kamu makan.

Kebiasaan makan cepat juga bisa membuat porsi makan kamu menjadi lebih banyak yang akhirnya akan berdampak ke berat badan kamu. Maka dari itu cobalah mengubah kebiasan makan cepat kamu ke metode mindful eating atau makan secara perlahan dengan penuh kesadaran. 
 

Makan secara perlahan dengan penuh kesadaran/Canva


Apa itu Mindful Eating

Mindful eating adalah kebiasaan atau gaya makan dengan waktu yang pas, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat serta melibatkan perhatian secara penuh terhadap makanan atau minuman yang disantap. 


Sederhananya mindful eating memfokuskan diri pada rasa, tekstur, aroma dan sensasi rasa pada makanan atau minuman. Mindful eating juga membantu otak mengenali perasaan kenyang lebih cepat sehingga bisa membantu kamu menjaga berat badan. 

Jika kamu makan secara perlahan, kamu bisa menikmati setiap gigitan dengan penuh kesadaran juga memperhatikan seberapa banyak makanan yang kamu santap sehingga kamu bisa mengontrol rasa lapar.

Dengan mengunyah makanan sebanyak 33 kali, nutrisi dan vitamin yang terkandung pada makanan tersebut juga bisa dicerna dan diserap secara optimal oleh tubuh. 
 


Manfaat Kalau Kamu Mencoba Mindful Eating 

Mengganti kebiasaan makan dengan metode mindful eating bukan hanya akan meningkatkan kesehatan di gaya hidup saja lho, banyak manfaat lainnya seperti: 

1. Meningkatkan Suasana Hati 

Pepatah 'good food for good mood' benar adanya. Hati dan perasaan manusia pasti akan bahagia ketika menikmati makanan yang enak. Menikmati rasa dan tekstur makanan dengan sepenuh hati bisa dijadikan terapi untuk meningkatkan mood lho Be-emers. 

Selain itu, mindful eating juga bisa mengurangi kebiasaan makan berlebihan (emotional eating) karena faktor luar seperti lapar mata atau keinginan sesaat untuk makan karena melihat orang lain makan meskipun sebenarnya kamu sudah kenyang. 
 

Makanan sehat dan enak, mood pun bahagia/Canva

 

2. Pencernaan Jauh Lebih Sehat 

Mindful eating akan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan di tubuh. Menikmati makanan dengan mengunyahnya secara tepat akan merangsang enzim baik yang sangat berguna untuk pencernaan. 
Selain itu, mindful eating juga bisa melatih kamu untuk terbiasa mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengurangi kebiasaan 'makan asal' yang bisa berisiko untuk kesehatan. 
 

Mindful Eating membantu kita menjaga kesehatan pencernaan/Canva

 

3. Pola Makan Menjadi Lebih Teratur 

Bagi mereka yang sudah mencoba mindful eating cenderung memiliki pola makan yang lebih teratur dan merasa lebih kenyang tapi tetap dengan porsi yang tidak berlebihan. Tubuh mereka mampu menangkap sinyal lapar dan kenyang dengan tepat, sehingga sangat jarang bagi mereka terkena keluhan yang berkaitan dengan masalah pencernaan. 

Ingat, mindful eating mengajarkan cara berhenti makan jika tubuh sudah merasa cukup kenyang ya, bukan ketika piring sudah kosong. Jadi pastikan kamu mengambil porsi makanan secukupnya, jangan kalap mata yang endingnya malah jadi buang-buang makanan. 
 

Mindful eating melatih kamu untuk selalu bersyukur dan menghargai makanan/Canva