Tantangan dan Keuntungan Kripto Sebagai Mata Uang Global

Koin Kripto (sumber gambar: freepik)

Like

Selama ini kita mengenal mata uang yang ada di dunia seperti USD, Riyal, Rupiah dan sebagainya. Pernakah mendengar kripto, be-emers?

Untuk pembaca Bisnis Muda, kripto menjadi hal yang tidak asing lagi tentunya. Dalam website kemenkeu berjudul "Yuk, Berkenalan dengan Kripto!"  dijelaskan bahwa kripto adalah mata uang virtual yang keamanannya dijamin dengan kriptografi.

Dalam Kriptografi kripto untuk sulit dipalsukan atau digandakan Jadi, meskipun digunakan secara virtual, tidak mungkin ada pemalsuan yang merugikan pemiliknya. Artinya, kripto aman digunakan sebagai alat tukar atau mata uang global, tentu saja.

 

Tantangan Kripto Sebagai Mata Uang Global

Tidak semua masyarakat mengenal kripto dengan baik. Berbeda halnya dengan emas, masyarakat dari berbagai lapisan menyadari bahwa emas adalah benda berharga yang bisa dijadikan investasi. Kurangnya pemahaman tentang kripto ini menjadikannya sebagai tantangan tersendiri.

Meskipun selama beberapa tahun terakhir bisa dikatakan berkembang lebih pesat, tetapi tidak semua lapisan masyarakat di dunia bisa mengaksesnya.


Baca Juga: Jika Kripto jadi Mata Uang Global: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Selain itu, karena sifat dari kripto ini sendiri bisa jadi anonim, maka sangat beresiko untuk dijadikan wadah money laundry. Sejak awal munculnya, memang kripto bertujuan untuk investasi, artinya inflasinya sangat tinggi, resikonya juga menjadi lebih besar dibandingkan mata uang yang sudah pernah kita kenal.

 

Keuntungan Kripto Sebagai Mata Uang Global

Jika kripto dijadikan mata uang, maka melakukan transfer dengan cepat bisa dilakukan seperti pada umumnya, bahkan dengan anonim tanpa perlu di blokir loh, oleh pihak bank. Kripto yang memang sejak awal keumculannya merupakan salah satu alat untuk melakukan investasi, apabila dijadikan mata uang global maka kemudahkan untuk melakukan investasi pun semakin terbuka.