5 Tips Membangun Pertahanan Finansial yang Kokoh, Anti Menghamburkan Uang!

Membangun financial yang kuat & kokoh (Sumber gambar : pexels.com/cottonbro studio

Like

Mengatur keuangan buakanlah hal yang mudah. Membuat uang yang kita miliki menjadi bertambah merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Terlebih saat ini, dimana harga semua kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Bisa jadi lama-lama pengeluaran kita malah semakin besar daripada pendapatan kita. Lalu sebelum hal itu terjadi, bagaimana cari kita untuk mengantisipasi  agar tabungan kita tidak berkurang melainkan bertambah di tengah kondisi ekonomi yang serba tidak pasti ini?
 

Tips Mencegah Menghamburkan Uang

Berikut ada beberapa tips mengatur keuangn dengan tujuan membantu kita agar tabungan bertambah dan mencegah kita untuk menghambur-hamburkan uang.

1. Jangan mengandalkan satu sumber penghasilan

Alangkah lebih baik kalau kita mencari side hustle atau pekerjaan lain diluar pekerjaan utama kita dengan tujuan untuk menambah penghasilan kita.

Baca Juga: Bisnis Muda Day: Serunya Ngomongin Konten hingga Mengelola Keuangan Supaya Cuan

Salah satu side hustle yang ditekuni banyak orang antara lain adalah freelancer atau pekerja lepas. Serta banyak bidang keahlian yang bisa dilakukan oeh freelancer.

2. Kendalikan gaya hidup

Hindari meningkatkan gaya hidup dengan cepat. Segera kendalikan pengeluaran kita, karena apabila tidak segera kita kendalikan maka kitalah yang akan dikendalikan oleh pengeluaran tersebut.

Hidup yangg dikendalikan oleh pengeluaran akan membuat kita diperbudak oleh pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting tetapi tetap kita beli, hal seperti itu akan membuat kondisi keuangan kita tidak sehat